alexametrics

KRISIS DOKTER di Daerah! Pemda Ini Sampai Memohon ke Kemenkumham, Bebaskan Dokter yang Dipenjara

13 November 2015, 14:13:00 WIB

Jawapos.com- dr Nikson Krons merupakan seorang Dokter Spesialis bedah di RSUD Tobelo Halmahera Utara (Halut). Ia tersandung kasus dugaan korupsi alat bedah tahun 2010.

 

Akibat kasus itu, dr Nikson divonis hukuman lima tahun penjara. Saat ini ia sudah menjalani tiga tahun masa tahanan di Lapas Kelas II B Tobelo. Ternyata hal ini berdampak pada pelayanan di RSUD Tobelo, sebab saat ini di rumah sakit itu tak ada dokter bedah.

Kabag Hukum dan Organisasi Setda Halut Doraino Hohari, menuturkan kemarin mereka mendatangi Kementerian Hukum dan HAM, menyampaikan surat resmi permohonan asimilasi (bebas bersyarat) dr Nikson.

“Kami berharap jawabannya segera dikeluarkan, sehingga pelayanan di RSUD Tobelo bisa normal kembali,”harapnya.

Ini sangat mendesak karena selain tak ada dokter bedah, satu-satunya dokter kandungan dr Heriantho Tantry, Sp.OG, sudah mengundurkan diri dari PNS. Sehingga ibu hamil yang melahirkan melalui operasi caesar harus dirujuk ke Ternate bahkan ada yang ke Manado, Sulut. Dokter Nikson divonis tahun 2012, dan saat ini sudah menjalani hukuman selama tiga tahun.

Dia menuturkan jika permohonan ini dikabulkan, maka dr Nikson sudah bisa melakukan operasi, sehingga pasien tak perlu dirujuk keluar Halut.   Sebab untuk mendatangkan dokter spesialis walaupun hanya dokter kontrak, sangat sulit meskipun Pemkab sudah melobi hingga ke pusat.(sam/onk)

Editor : afni



Close Ads
KRISIS DOKTER di Daerah! Pemda Ini Sampai Memohon ke Kemenkumham, Bebaskan Dokter yang Dipenjara