alexametrics

Bunga Bangkai Setinggi 289 Sentimeter Mekar di Kebun Raya Cibodas

13 Oktober 2021, 14:55:25 WIB

JawaPos.com–Bunga Bangkai koleksi Kebun Raya Cibodas (KRC) di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, mekar setinggi 289 sentimeter dengan lebar penuh 128 sentimeter. Bunga itu menjadi pusat perhatian wisatawan yang sengaja datang berkunjung untuk melihat bunga langka tersebut.

”Bunga dari spesimen dengan nomor koleksi 76i sudah menunjukkan tanda akan mekar sejak awal Agustus. Pada Rabu (13/10) dini hari akhirnya mekar dengan sempurna untuk ketiga kalinya sejak awal penanaman beberapa tahun lalu,” kata General Manager PT Mitra Natura Raya KRC Marga Anggrianto Rabu (13/10).

Dia menjelaskan, bunga bangkai mekar dalam waktu empat tahun sekali dan memiliki karakteristik yang tidak dapat diprediksi. Bunga itu sudah terlihat mulai pecah kelopak sejak satu hari sebelumnya, hingga mekar sempurna. Sebelumnya tahun lalu, bunga dengan jenis yang sama sempat mekar sempurna dan lebih tinggi.

Dibandingkan tahun sebelumnya, menurut dia, bunga bangkai yang mekar saat ini, ukuran dan tingginya lebih kecil. Bunga bangkai yang mekar pada Mei tahun lalu, memiliki garis tengah kelopak (spatha) dengan posisi mekar penuh 166 sentimeter dan tinggi 352 sentimeter.

”Hingga saat ini, KRC memiliki 13 spesimen bunga bangkai. Terdiri atas dari satu spesimen yang merupakan indukan hasil pengkoleksian berupa umbi, sedangkan 12 spesimen lainnya hasil perbanyakan dari biji sejak 2003,” ujar Marga Anggrianto.

Tanaman dengan nama latin Amorphohallus titanum (Becc) termasuk dalam kategori tumbuhan langka berdasar klasifikasi Internasional Union For Conservation of Nature (IUCN). Keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads