alexametrics

Masuk Kampung Warga, Beruang Diburu Hingga Mati

13 Oktober 2017, 09:46:31 WIB

JawaPos.com – Teka teki ternak warga yang mati belakangan ini terjawab sudah. Ternyata pelakunya beruang liar yang masuk perkampuangan. Sebab seekor beruang menjadi sasaran amuk warga di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Siulak Mukai, Kabupaten Kerinci, Jambi, Rabu (11/10).

Binatang yang dilindungi itu masuk ke perkampungan warga. Kali pertama terlihat oleh salah seorang petani yang sedang menanam padi di sawah. Dia kaget ketika melihat ke belakang, beruang berada persis di belakangnya dengan jarak sekitar 50 meter.

Petani itu langsung teriak meminta tolong kepada masyarakat setempat. Mendengar teriakan tersebut, beruang langsung kabur. Namun, warga yang sudah ramai di lokasi kejadian langsung memburu beruang itu.

Beruang mati
Ratusan warga Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Siulak Mukai, Kabupaten Kerinci, melakukan perburan terhadap seekor beruang di areal persawahan. (GUSNADI/JAMBI EKSPRES)

Perburuan berlangsung hingga lebih kurang 30 menit. Meski sempat melawan dengan mengejar warga, akhirnya beruang itu ditangkap warga dengan menggunakan peralatan tombak dan parang.

“Aku tekejut ngimak ke belakang, beruang lah ado (Aku terkejut saat melihat ke belakan ada beruang),” ujar Siulak Mukai, petani di Desa Tebing Tinggi.

Hal senada dikatakan Qitani, juga penduduk setempat. Keresahan warga memang terjadi sejak beberapa hari lalu. Bermula ketika banyak ayam warga yang hilang dan mati disebabkan beruang memasuki perkampungan.

Kapolres Kerinci AKBP Dwi Mulyanto melalui Kapolsek Gunung Kerinci Iptu Yudistira membenarkan adanya seekor beruang yang masuk ke perkampungan warga. “Beruang masuk rumah warga dan mati setelah dibunuh dengan ditombak warga,” kata Yudistira.

Menurut Yudistira, begitu mendapat informasi dari warga, pihaknya bersama TNKS (Balai Taman Nasional Kerinci Seblat) segera meluncur ke lokasi. “Beruang tersebut saat ini diamankan dan dibawa oleh pihak TNKS,” jelasnya.

Salah seorang staf TNKS Agusman mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan kejadian tersebut. Sebab, beruang tersebut adalah satwa liar yang dilindungi sehingga tidak bisa seenaknya saja dibunuh. 

Editor : admin

Reporter : (adi/c4/ami)


Close Ads
Masuk Kampung Warga, Beruang Diburu Hingga Mati