alexametrics

Pengamat Sindir, Kini Anies Cuek Sama Kali Item

13 September 2018, 18:05:14 WIB

JawaPos.com –  Perhatian Pemprov DKI Jakarta nampak semakin berkurang atas penanganan Kali Sentiong atau akrab disebut Kali Item setelah Asian Games selesai. Hal ini terlihat dari waring yang belum diangkat dan belum ada penanganan lebih jauh terkait air yang menghitam.

Bahkan, Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menyebut penanganan Kali Item yang berada di dekat Wisma Atlet, Kemayoran itu hanyalah fokus supaya Jakarta tidak malu. Bukan untuk membenahi sungai secara total.

“Pemerintah ribut kemarin bukan untuk beresin kalinya loh, tapi kali karena bedekatan dengan Wisma Atlet makanya muncul waring terus obat supaya nggak bau dan malu,” katanya kepada JawaPos.com, Kamis (13/9).

Nirwono melihat ketidakseriusan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan Jakarta memang tidak pernah total. Harapan untuk memiliki kali yang bersih dan tidak tercemar setelah Asian Games 2018, pun akhirnya pupus.

“Diberesin karena malu sama tamu ya, kali yang bau dibersihin, ditutupi dan dikasih obat. Itu kali Sentiong saja loh nggak ada kali-kali lain,” tegasnya.

Setelah Asian Games selesai berlangsung, Nirwono melihat Pemprov DKI cuek terhadap Kali Sentiong. Buktinya, tidak terlihat lagi program lanjutan untuk menangani Kali Sentiong agar tidak tercemar, hitam dan bau.

“Padahal usahanya cukup dua mengimbau agar industri tidak buang limbah langsung ke sungai. Kedua, masih banyak rumah tangga yang langsung buang limbah ke sungai dan sampai sekarang belum diberesin,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Pengamat Sindir, Kini Anies Cuek Sama Kali Item