JawaPos Radar

Keinginan Jokowi Ubah Sungai Ciliwung Seperti di Korsel

13/09/2018, 09:24 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Keinginan Jokowi Ubah Sungai Ciliwung Seperti di Korsel
Di penghujung jalan sebelum menyusuri tepi sungai, Jokowi disambut Wali Kota Seoul Park Won Soon.nSambil berbincang dengam Park Won Soon, melihat kebersihan sungai di tengah kota tersebut, Jokowi berharap bisa menjadi inspirasi untuk Sungai Ciliwung. (Media Sekretariat Presiden)
Share this image

JawaPos.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan lawatan ke Seoul, Korea Selatan pada Selasa (11/9). Pada kesempatan itu, Jokowi sempat menyusuri tepi Sungai Cheonggyecheon bersama dengan Wali Kota Seoul Park Won Soon.

Melihat kebersihan sungai di tengah kota tersebut, Jokowi berharap bisa menjadi inspirasi untuk Sungai Ciliwung di Jakarta. Karena sebelumnya kondisi Sungai Cheonggyecheon mirip dengan Sungai Ciliwung.

"Sungai Cheonggyecheon ini sebuah inspirasi yang sangat bagus kalau sungai Ciliwung bisa bersih, dan itu bisa. Tahun 2003 sungainya juga sama seperti Ciliwung dan dengan waktu 2 tahun 3 bulan sangat bersih sekali seperti zaman dahulu kala. Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta," kata Jokowi kepada para jurnalis dikutip dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

Keinginan Jokowi Ubah Sungai Ciliwung Seperti di Korsel
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan kaki bersama peserta Korea-Indonesia (KIND) Meet Up menuju Plaza Cheonggeyecheon. (Media Sekretariat Presiden)

Jokowi Minta Resep Penataan Sungai ke Wali Kota Seoul

Sebagai warga kehormatan Seoul, Jokowi berencana untuk meminta resep membangun sungai ini kepada Park. Sebab 2017 lalu, Jokowi mendapat gelar warga kehormatan Seoul dari Park. Terlebih Sungai Cheonggyecheon kini jadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Korea Selatan.

"Katanya kalau sudah menjadi warga kehormatan minta apa saja diberi, saya mau minta resep bangun sungai ini ke Wali Kota Park," ujarnya. Park pun menyambut keinginan Presiden ini dengan baik. Ia pun terkesan karena Jokowi pun awalnya merupakan seorang wali kota.

"Jakarta dan Seoul adalah sister city. Apa pun yang Bapak perlukan, kami siap. Karena Bapak warga kehormatan Seoul, kami siap bantu. Jadi kalau Bapak sebagai warga kehormatan datang ke Seoul, semua fasilitas gratis buat Bapak," kata Park.

Anies Jawab Tantangan Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Anies mengaku siap membereskan masalah lingkungan di Sungai Ciliwung. Sesuai dengan tantangan dari Jokowi untuk mengubah Sungai Ciliwung seperti Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan.

"(Sungai Ciliwung) Kita harus bereskan," tutur Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Namun dirinya harus bekerja keras karena, ada perubahan kondisi sungai yang signifikan dalam tiga tahun terakhir. Seperti data yang dia sampaikan, tiga tahun terakhir sungai di Jakarta mengalami pencemaran berat sekitar 61 persen.

Catatan Anies, di sepanjang aliran Sungai Ciliwung yang tercemar ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen. Sungai yang tercemar sedang turun dari 44 persen tahun 2014 menjadi 17 persen di tahun 2017.

"Jadi yang tercemar sedang dan tercemar ringan itu turun, tapi yang tercemar berat naik dari 32 persen menjadi 61 persen. Jadi, yang sedang dan ringan itu malah menjadi berat, bukan turun lalu hilang," imbuhnya.

Ridwan Kamil Juga Akan Ubah Kali Malang Seperti Cheonggyecheon

Tak hanya ANies, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga berencana mengubah Kali Malang, Bekasi seperti Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Hal itu disampaikan melalui akun intagramnya @ridwankamil.

Dia mengatakan Kali Malang, Bekasi yang dinilai kumuh dan kotor itu akan disulap menjadi sungai bersih dan indah seperti sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

"Warga Kota Bekasi tercinta, minggu depan sudah dimulai desain
dan perencanaan revitalisasi Kali Malang. Semoga bisa sekeren sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan," tulis Kang Emil sapaan Ridwan Kamil di akun @ridwankamil Rabu (12/9).

Selain Kali Malang, Sungai Citarum pun kabarnya akan dikebut dalam waktu dekat. Karena Citarum merupakan salah satu program prioritas. "Citarum prioritas no 1, Minggu ini sudah mulai dikebut," tulis @ridwankamil membalas komentar salah satu netizen.

Untuk diketahui, Kali Malang Bekasi terkenal dengan sungai kotor dan kumuh. Maka dengan adanya Gubernur Jabar Baru, akan disulap seperti sungai-sungai di Korea Selatan yang bersih, indah, dan juga nyaman.

(iml/rgm/ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up