JawaPos Radar

Warga Jatim Dapat Kesempatan Tanggapi 1.577 Bacaleg

13/08/2018, 12:50 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Muhammad Arbayanto
Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto. (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) menetapkan 1.577 Daftar Caleg Sementara (DSC). Selanjutnya, KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap para bakal calon legislatif (bacaleg) yang sudah dinyatakan memenuhi syarat tersebut.

Komisioner Divisi Teknis KPU Jatim Muhammad Arbayanto mengatakan, masa tanggapan masyarakat resmi dibuka pada 12-21 Agustus 2018. "Kami masih menunggu tanggapan masyarakat sampai batas waktu yang ditentukan," kata Arbayanto kepada JawaPos.com di Surabaya, Senin (13/8).

Masyarakat bisa menyampaikan tanggapannya terkait pada bacaleg dengan datang langsung ke kantor KPU Jatim. Bisa juga dilakukan melalui surat yang dikirim ke Kantor KPU Jatim dengan melampirkan kartu identitas.

"Materi yang disampaikan berkaitan dengan syarat calon yang berpotensi menggugurkan dari status MS (memenuhi syarat) menjadi TMS (tidak memenuhi syarat)," imbuh Arbayanto.

Jika ada laporan masyarakat yang masuk, KPU Jatim akan menindaklanjutinya dengan melakukan klarifikasi kepada partai pengusung serta instansi terkait. Itu bisa dilakukan setelah masa tanggapan masyarakat berakhir.

"Kalau ada laporan, kami tidak lanjuti setelah 21 Agustus sampai menjelang penetapan DCT (daftar caleg tetap) pada 20 September," pungkas Arbayanto.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up