JawaPos Radar

Ratusan Siswa SD di Solo Cuci Bendera Merah Putih

13/08/2018, 11:29 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bendera Merah Putih
MENCUCI BENDERA: Sejumlah siswa SD Negeri Nayu Barat 2, Solo mencuci bendera di halaman sekolah, Senin (13/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Candra, Aska dan Wening terlihat begitu asyik mencuci bendera Merah Putih di halaman sekolahnya, Senin (13/8) pagi. Tiga siswa SD Negeri Nayu Barat 2 Solo itu sesekali mengucek bendera di dalam ember plastik berwarna hitam. Busa berwarna putih menutup air di dalam ember tersebut.

Saking semangatnya mencuci, busa hingga menempel di wajahnya. Pemandangan ini membuat gelak tawa di antara mereka. Sesekali, busa itu dihamburkan ke siswa lain. Diikuti dengan tawa puas dari mereka.

Selesai mencuci bendera, para siswa menjemurnya di tempat yang sudah disiapkan. Tidak lupa, mereka lantas membersihkan diri dari busa sabun yang menempel di tangan dan wajahnya. Apa yang dilakukan para siswa itu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI.

Candra, 11, mengaku sangat suka dengan kegiatan ini. Karena dengan dirinya bisa berpartisipasi dalam menyambut hari kemerdekaan. "Di rumah sudah pasang bendera, dan di sini mencuci bendera. Sangat suka, bisa menyambut kemerdekaan dengan mencuci bendera," urainya kepada JawaPos.com, Senin (13/8).

Hal yang sama diungkapkan Aska Khairun Nisa, 11. Menurut perempuan kelas V tersebut, mencuci bendera menjadi salah satu kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan. "Mencuci bendera ini juga belajar untuk menghargai perjuangan dari para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan," katanya.

Sementara itu, Setyarini, 57, guru kelas VI SDN Nayu Barat mengatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mendidik para siswa agar lebih mencintai tanah air. Dengan cinta terhadap tanah air, maka mereka nanti bisa menjadi pemimpin yang hebat. "Ini mengajarkan anak-anak untuk cinta tanah air. Dengan begitu, mereka pun punya semangat untuk menjaga kemerdekaan," ulasnya.

Setyarini menambahkan, ada lebih dari 100 bendera yang dicuci para siswa. Siswa yang dilibatkan dalam mencuci bendera mulai dari kelas I-VI. Bendera-bendera tersebut nantinya di pasang dan sebagian disimpan di sekolah.

Adanya kegiatan mencuci bendera massal, maka kegiatan belajar mengajar (KBM) di jam awal ditiadakan terlebih dahulu. "Di Agustus ini memang banyak kegiatan untuk siswa. Selain HUT, juga ada Pramuka. KBM akan dilakukan seperti biasa setelah siswa selesai mencuci bendera. Kalau (KBM) yang awal ditiadakan dulu," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up