Paulus Waterpauw Dimutasi Ke Lemhanas, Wakapolda Jadi Kapolda Sumut

13/08/2018, 16:22 WIB | Editor: Budi Warsito
Irjen Paulus Waterpauw bersama Brigjen Agus Andrianto. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan penyegaran di tubuh Polri. Hal itu diketahui dari beredarnya surat Telegram Kapolri nomor ST/2015/VIII/KEP/2018 tertanggal Senin (13/8).

Dalam telegram tersebut, tercantum nama Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Paulus Waterpauw. Ia dimutasi menjadi Perwira Tinggi di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri (Penugasan PD Lemhanas RI).

Posisi Paulus, digantikan oleh Brigjen Agus Andrianto yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Sumut. Dalam catatan JawaPos.com, baru kali ini Kapolda Sumut digantikam oleh Wakapolda. Mabes Polri pun membenarkan pergantian itu.

"Iya, Kapolda ke Lemhanas, Wakapolda naik jadi Kapolda," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto, kepada JawaPos.com, Senin (13/8).

Sementara itu, posisi Wakapolda diisi oleh Kombes Mardiaz Kusin Dwi Hartanto. Mardiaz dimutasi dari Koordinator Staf Pribadi Pimpinan (Koorspripim). Nama Mardiaz pun tak asing lagi di Medan, ia merupakan mantan Kapolrestabes Medan pada 2015 lalu. Mardiaz juga pernah menjabat sebagai Kapolres Jakarta Selatan 2017.

Menurut Setyo, mutasi ini adalah hal yang biasa di tubuh Polri. Keputusan mutasi itu berdasarkan pertimbangan dari Wajakti (Dewan Kebijakan Tinggi) Mabes Polri.

Lebih jauh lagi, Setyo mengatakan, untuk Sertijab akan dilakukan tidak boleb lebih dari 14 hari setelah surat telegram itu diterbitkan. "Ini dalam rangka penyegaran di tubuh Polri," pungkas Setyo.

Sementara itu, penunjukan Brigjen Agus Andrianto sebagai Kapolda Sumut yang baru mendapat sambutan positif dari Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Prima DMI Sumut, Irwansyah Putra Nasution mengatakan, sangat berterima kasih kepada Kapolri, Jenderal Tito Karnavian yang telah memberikan kepercayaan dan promosi kepada Agus Andrianto.

"Kita turut gembira, karena Pak Agus merupakan pembina Prima DMI Sumut," ujar Irwansyah.

Ia pun menyatakan, pihaknya siap untuk mengawal dan mendukung Brigjen Agus dalam menegakkan hukum di Sumut. “Selamat buat Pak Agus, tetap amanah dalam menjalankan tugas dan tetap komitmen dalam menegakkan hukum,” tandas Irwansyah.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi