JawaPos Radar

Hotel di Cirebon Didorong Pasang Metal Detector

13/08/2018, 12:38 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
AKBP Roland Ronaldy
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polres Cirebon Kota menyarankan kepada pengelola hotel dan mal untuk memasang sistem pengamanan berupa pintu metal detector. Hal itu sebagai antisipasi aksi terorisme yang menyasar pusat-pusat keramaian.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengatakan, teknologi walk through metal detector yang dipasang di pintu-pintu masuk mampu mendeteksi logam yang menjadi bahan peledak. "Di Cirebon, pintu hotel dan mal belum pakai metal detector. Alasannya mahal. Padahal nyawa manusia lebih mahal ketimbang sekadar pintu detector," kata Roland, Senin (13/8).

Selain kantor kepolisian sebagai sasaran utama teroris, pelaku juga mengincar pusat keramaian. Akan tetapi di Cirebon belum ada yang menggunakan teknologi tersebut dengan berbagai alasan dan pertimbangan.

Melihat pengamanan di Jakarta, hampir semua mal dan hotel sudah menggunakan metal detector. Siapa pun yang hendak masuk akan diperiksa dan dibuka tasnya.

Sementara untuk pengamanan atlet Asian Games 2018, Polres Cirebon Kota akan meminjamkan pintu metal detector kepada Hotel Aston Cirebon dan Swissbel Hotel Cirebon Super Blok (CSB). Kedua hotel itu menjadi penginapan atlet Kano Slalom. "Kami pinjamkan alat pintu metal detector agar mereka semangat punya pintu pendeteksi logam bahan peledak," ungkap Roland.

Polres Cirebon Kota terus melakukan antisipasi terhadap ancaman radikalisme dan terorisme. Apalagi Mapolres Cirebon Kota punya sejarah serangan terorisme.

"Kami terus melakukan langkah-langkah antisipasi serangan terorisme. Karena Polres Cirebon Kota punya sejarah, markasnya pernah dibom," tandas Roland.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up