JawaPos Radar

19 Titik Panas Terpantau di Riau

13/08/2018, 12:12 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kebakaran Hutan dan Lahan
ILUSTRASI: Proses pemadaman hutan dan lahan di Riau. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 35 titik panas terpantau satelit Terra dan Aqua di Pulau Sumatera, Senin (13/8). Rinciannya, di Aceh 17 titik, Sumatera Utara 8 titik, Sumatera Barat 1 titik dan Riau 19 titik.

"Titik panas terpantau satelit dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Marzuki dalam keterangannya.

Dari 19 titik panas yang terdeteksi di Riau, tersebar di empat kabupaten. Paling banyak di Rokan Hilir dengan 8 titik. Kemudian Kabupaten Bengkalis 6 titik, Kabupaten Siak 4 titik dan Kabupaten Rokan Hulu satu titik.

Berbeda jumlahnya dengan pantauan satelit tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau titik api. Di Riau ada 12 titik api. Itu tersebar di Kabupaten Rokan Hilir, Siak dan Bengkalis. Masing-masing terdapat 4 titik api. "Meski ada hotspot, namun jarak pandang di Riau masih cenderung aman. Di masing-masing daerah jarak pandang antara 6-9 kilometer," jelasnya.

Marzuki menambahkan, potensi munculnya titik panas dan titik api di Riau masih tinggi. Sebab curah hujan cenderung rendah. Berdasarkan prakiraan cuaca di Riau, rata-rata setiap daerah cerah berawan. Suhu berkisar 21 hingga 34,5 derajat celcius.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up