alexametrics

Warga Suku Tengger Gelar Ritual Mendak Tirta Jelang Yadnya Kasada

13 Juni 2022, 22:46:48 WIB

JawaPos.com–Warga Suku Tengger melakukan ritual Mendak Tirta (pengambilan air suci) di Air Terjun Madakaripura di Desa Negororejo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada Senin (13/6). Ritual itu dilaksanakan menjelang perayaan Yadnya Kasada, 1944 Saka.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

”Air suci yang diambil dari empat sumber mata air berbeda itu nantinya dikirab dan dibawa ke Pura Luhur Poten di kaki Gunung Bromo untuk digunakan sebagai kelengkapan upacara Yadnya Kasada,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo Bambang Suprapto seperti dialnsir dari Antara, Senin (13/6).

Air terjun Madakaripura dipercaya masyarakat Tengger selaku umat Hindu sebagai salah satu tempat ritual Mendak Tirta yang dianggap keramat. Tempat tersebut merupakan tempat pertapaan Patih Gajah Mada, seorang leluhur masyarakat Tengger dan dikenal sebagai penguasa nusantara di zaman Kerajaan Majapahit.

Rombongan warga Suku Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo berbondong-bondong menuju titik untuk pengambilan air suci di mata air terjun Madakaripura setelah turun dari kendaraan.

”Beberapa sesaji hasil bumi yang dibawa untuk diberikan doa-doa di tempat suci air terjun Madakaripura dengan maksud minta izin ke Shang Hyang Widiwasa untuk mengambil air suci di lokasi tersebut,” tutur Bambang.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: