alexametrics

BBKP Surabaya Musnahkan Bangkai Hewan dan Tanaman Sitaan

13 Juni 2019, 14:50:57 WIB

JawaPos.com – Ratusan bangkai hewan dan bibit tumbuhan dimusnahkan di Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, Rabu (12/6). Komoditas itu merupakan barang sitaan. Ada yang merupakan hasil pengiriman ilegal. Ada juga yang tergolong dalam hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK).

Yang dimusnahkan, antara lain, 781 burung dari berbagai jenis, 13 ular, dan 1 gecko. Komoditas itu berasal dalam dan luar negeri. Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil menyatakan, pemusnahan dengan cara dibakar merupakan kewajiban petugas. Tujuannya, mencegah hama penyakit yang bisa membahayakan komoditas lain. “Bibit yang disita sebagian besar impor. Ditemukan hama. Sangat berbahaya untuk tumbuhan lainnya yang berada di sekitar benih tersebut,” ucap Ali.

M. Mussafak Fauzi selaku kepala BBKP Surabaya mengatakan hewan yang dimusnahkan itu merupakan sitaan karena tidak dibekali dengan dokumen kesehatan karantina sehingga dinyatakan ilegal. Dalam masa penyitaan tersebut, hewan-hewan itu kemudian mati. “Karena itu, harus segera dimusnahkan supaya tidak jadi penyakit,” tutur Mussafak Fauzi.

Semua hewan itu merupakan hasil pengiriman di dalam negeri Sementara itu, benih tumbuhan berasal dari luar negeri. Mulai Malaysia, Hongkong, Qatar, Taiwan, Korea, Singapura, Oman, Arab Saudi, Bahrain, Thailand, Prancis, hingga Algeria. “Kalau dirupiahkan, memang tanaman itu tidak sampai Rp 100 juta. Namun, dari awal tahun sudah ada 66 kali usaha memasukkan secara ilegal. Ini jelas bahaya bagi kelangsungan tanaman yang lain,” jelasnya.

Hewan dan tumbuhan yang dimusnahkan itu berasal dari tiga tempat. Yakni, Kantor Pos Kediri, Kantor Bea Cukai Juanda, dan Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya.

Mussafak menyatakan, jenis burung yang dimusnahkan adalah murai batu, kacer, tledekan, cucak ijo, punglor, manyar, kolibri, beo, pugu, dan rangkok. Totalnya Rp 286 juta.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : den/c6/ayi