JawaPos Radar

Lebaran, Cuaca di Batam Diprediksi Cerah Berawan

13/06/2018, 21:45 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Cuaca Cerah
Ilustrasi (Radar Bojonegoro)
Share this image

JawaPos.com - Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada Jumat (15/6) mendatang. Saat hari kemenangan, kondisi cuaca di Batam masih fluktuatif. Cuaca panas yang terjadi sesekali berganti dengan hujan ringan dan disertai petir dan angin kercang.

Namun berdasarkan prakiraan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Hang Nadim Batam, cuaca pada Jumat mendatang cerah berawan. Artinya masyarakat bisa menjalani salat Idul Fitri di lapangan tanpa khawatir akan terjadi hujan.

"Prediksi untuk hari raya akan kami update lagi satu sampai dua hari sebelumnya. Saat ini masih diprediksi cerah berawan hingga berawan pada pagi hari," kata Prakirawan BMKG Klas I Hang Nadim Batam Nizam Mawardi, Rabu (13/6).

Sementara untuk cuaca hari ini, terbentuk belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Hal itu menyebabkan terjadinya penumpukan massa udara yang mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

Secara umum kondisi cuaca cerah berawan hingga berawan. Serta berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang. "Kondisi ini masih kondusif untuk akivitas transportasi darat, laut dan udara," terang Nizam.

Untuk kecepatan angin, dalam beberapa hari belakangan memang terbilang cukup tinggi. Namun hal ini masih berada di batas normal. Yakni berada di angka maksimal 36 km/Jam. Demikian juga dengan tinggi gelombang yang berada di bawah ketinggian normal, hanya berkisar antara 0,1-0,8 meter.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up