JawaPos Radar

Dapat Remisi Lebaran, 13 Napi di Jogja Langsung Bebas

13/06/2018, 20:59 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Remisi Napi
ILUSTRASI: Napi dan warga binaan di Lapas Narkotika Kelas IIA DIJ mendapat remisi. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 714 napi yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mendapatkan remisi pada lebaran tahun ini. Dari jumlah itu, 13 diantaranya langsung bebas.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengentasan Anak, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) DIJ, Dwi Agus Setyawan mengatakan, pengurangan masa hukuman atau remisi lebaran kali ini bervariasi, ada yang mendapatkan 15 hari hingga 2 bulan.

Terbanyak ada di Lapas Kelas IIA DIJ, dengan jumlah 250 napi. Kemudian di Lapas Narkotika Kelas IIA DIJ, ada 147 napi. "Setelah lebaran ada yang langsung bebas," katanya, Rabu (13/6).

Perincian napi yang langsung bebas yakni 4 napi yang saat ini mendekam di Lapas Kelas IIA DIJ, 3 napi di Lapas Narkotika Kelas IIA DIJ, kemudian 2 napi di Lapas Perempuan Kelas IIB DIJ ada 2, lalu di Rutan Kelas IIA DIJ ada 2 orang, dan Rutan Kelas IIB Bantul ada 2.

Dikatakannya, mereka yang mendapatkan remisi itu harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti telah melalui masa tahanan minimal 6 bulan.

"Wajib juga berkelakuan baik selama masa tahanan. Kalau itu terpenuhi tapi tidak diberi remisi oleh kepala lapas, maka (lapas) akan ditegur," katanya.

Terpisah, Kepala Lapas Kelas IIB Cebongan, Gunarto menambahkan, untuk di lingkupnya ada 112 napi yang mendapat remisi. "Sudah ada datanya yang mendapat remisi," ucapnya.

Jumlah napi yang mendapat remisi di Lapas Kelas IIB Cebongan itu hampir setengahnya dari keseluruhan penghuni. Mereka mendapatkan 15 hari hingga 2 bulan pengurangan hukuman.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up