JawaPos Radar

Berbahaya, Jauhi Hewan Bergelembung Warna Biru di Pantai

13/06/2018, 22:19 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Waspadai Hewan Laut
ILUSTRASI: Wisatawan yang datang ke Pantai Parangtritis diimbau waspadai ubur-ubur dan palung laut. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Kunjungan objek wisata pantai yang berada di Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) diprediksi mulai meningkat pada hari kedua lebaran. Wisatawan, terutama anak-anak pun diimbau agar tidak menjadikan mainan ketika menemui hewan berwarna biru di pantai.

Komandan Search and Rescue (SAR) Linmas Parangtritis Ali Sutanto mengatakan, hewan berwarna biru tersebut memang cukup menarik perhatian. Karena bergelembung menyerupai balon. "Info untuk pengunjung, jangan dibuat mainan. Karena itu berbahaya dan beracun," katanya, Rabu (13/6).

Sudah sejak sekitar seminggu lalu hewan bernama ubur-ubur ini muncul di tepian pantai. Mereka datang secara bergelombang dan diperkirakan sampai Agustus mendatang. "Tadi pagi muncul lagi, tapi tidak banyak," tuturnya.

Ia juga mengimbau agar pengunjung tidak berenang di titik-titik yang sudah dipasangi rambu peringatan. Karena terdapat palung-palung laut yang membahayakannya.

Menghadapi libur lebaran ini, pihaknya juga telah menyiagakan sebanyak 25 anggota yang ada di Pantai Parangtritis. Serta ada 5 petugas juga yang standby di Pantai Depok, sebelah baratnya.

Namun jumlah itu akan ditambah jika kunjungan dirasa semakin banyak. Setidaknya masih ada 10 personel cadangan yang dimintanya masuk nanti. "Kunjungan lebaran kedua sudah ramai. Tapi ketika pertengahan liburan, semakin banyak nanti," pungkasnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up