alexametrics

Hati-hati, Tujuh Bahan Makanan Ini Mengandung Formalin dan Boraks

13 Juni 2017, 06:28:54 WIB

JawaPos.com – Menjelang hari raya Idul Fitri sejumlah bahan makanan semakin banyak mengandung bahan berbahaya. Baik itu formalin, rhodamin B ataupun boraks.

Hal itu diketahui setelah Tim Pemantau Terpadu dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang melakukan pemantauan terhadap bahan makanan berbahaya, kedalurwarga di sejumlah pasar tradisional daerah setempat.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Sumber Daya Mineral (SDM) Novhendry didampingi Kasubag Perekonomian BUMD Amin Parwati menyebutkan, dari sidak yang dilakukan pihaknya tersebut ditemukan sejumlah makanan mengandung formalin.

Di antaranya cumi-cumi, ikan laut dan buah tap. Sedangkan mengandung boraks antara lain rumput laut, kurma dan cincau dan rhodamin B adalah delima.

“Kami juga menemukan formalin dengan konsentrasi tinggi pada buah apel dan anggur. Indikasinya buah tersebut tetap terlihat segar saat disuntikan dengan formalin. Penggunaan formalin dapat membahayakan kesehatan masyarakat,” ujarnya seperti dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (13/6).

Kata Novhendry, tim pemantau terdiri dari Kepolisian, Dinas Kesehatan, Pol PP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) melakukan pemantauan yang berlangsung dari 9 Juni hingga 16 Juni.

Tim ini tidak saja pemantauan terhadap makanan yang mengandung bahan berbahaya tapi juga makanan kedaluwarsa. Adapun pasar tradisional yang sudah dikunjungi tim adalah Pasar Sialang Gaung, Pasar Pulaupunjung, Pasar Sikabau, Sungai Kalang, Sopanjaya, Sei Rumbai, Tri Mulya dan lain sebagainya.

Atas adanya temuan ini, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengaku kaget. “Kami sangat sayangkan sekaligus prihatin dengan temuan baru tersebut. Kami minta masyarakat tetap waspada. Kami akan terus memantau hal tersebut. Terutama untuk peredaran buah tersebut. Jika kami temukan dari mana sumbernya, pasti ditindak,” tandasnya. (ita/iil/JPG)

Editor : Ilham Safutra

Hati-hati, Tujuh Bahan Makanan Ini Mengandung Formalin dan Boraks