alexametrics

Kemenkumham Bali Pindahkan 200 Persen Napi karena Over Kapasitas

13 Mei 2021, 20:57:28 WIB

JawaPos.com–Kantor Wilayah Kemenkumham Bali menyatakan akan memindahkan narapidana untuk mengurangi kelebihan kapasitas di lapas. Sebanyak 200 persen napi dipindahkan ke lapas atau rutan yang masih memiliki tempat hunian yang kosong.

”Apabila ada di atas 300 persen (jumlah napi di lapas), kami pindahkan ke tempat lain. Secara umum di Bali 200 persen dibandingkan tempat lain. Kalau di sini (Lapas Kerobokan) 500 persen sehingga yang 200 persen kita geser ke tempat lain, sesegera mungkin di seluruh Bali,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk seperti dilansir dari Antara di Lapas Kerobokan, Badung, Bali, Kamis (13/5).

Dalam penanganan kelebihan kapasitas di lapas ini, kata dia, belum ada rencana untuk membuka lapas baru. Hal tersebut karena kelebihan kapasitas lapas di Bali ini masih bisa dikendalikan.

”Karena kalau yang over kapasitas seperti di Lapas Kerobokan ini masih bisa kami sebar. Jadi tidak mengadakan lapas baru,” ujar Jamaruli Manihuruk.

Kakanwil mengatakan, lapas yang over kapasitas di antaranya LP Kelas IIA Kerobokan, Badung; LP Narkotika Kelas IIA Bangli, LP Kelas IIB Tabanan, dan LP Kelas IIB Singaraja.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: