alexametrics

Sempat Ditolak Warga, Jenazah Napiter Mako Brimob Dimakamkan di Riau

13 Mei 2018, 12:54:14 WIB

JawaPos.com – Jenazah narapidana tindak pidana terorisme (napiter) Beny Syamsu Trisno alias Abu Ibrahim akhirnya dimakamkan di TPU Pandau. Warga Jalan Kempas 12, RT 03 RW 12, Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, sempat menolak rencana pemakaman tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Pandau Jaya, Firdaus Roza. Dia mengatakan bahwa masyarakatnya sempat bergejolak mendengar Beny Syamsu akan dimakamkan di wilayah mereka.

“Awalnya banyak gejolak dari masyarakat tapi bisa kita beri masukan, bahwa kalau tidak di sini, di mana lagi akan kita makamkan,” ujar Firdaus, usai pemakaman Beny Syamsu di TPU Pandau, Minggu (13/5) pagi.

Tapi pada akhirnya masyarakat setempat luluh dan mengizinkan Beny untuk dimakamkan di TPU Pandau tersebut setelah diyakinkan oleh perangkat desa.

“Ya Alhamdulillah kita bisa yakinkan masyarakat di sini bahwa tidak ada apa-apa,” ucapnya.

Sebelumnya, jenazah Beny rencananya akan dimakamkan oleh keluarganya di kampung halaman sekaligus tanah kelahirannya di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Namun dari informasi yang beredar, tokoh adat maupun warga setempat menolak jika pria kelahiran 18 Juni 1986, yang dikenal sebagai pekerja instalasi listrik tersebut dimakamkan di sana.

“Kita juga sudah dengar kabar kalau dia di tolak disana. Dan kita kan pernah ketemu dengan orang tua dan anak-anaknya. Kebetulan keluarganya kan tinggal di sini, jadi itulah alasan kami kenapa kami bisa menerimanya dikuburkan di sini. Dan juga karena sesama manusia,” katanya.

Sementara itu, saat ditanyakan apakah keluarga akan menggelar pengajian, Firdaus mengaku dirinya tidak mengetahui hal tersebut. “Itu terserah keluarga nantinya. Kita cukup memfasilitasi bisa dimakamkan di sini,” jelasnya.

Beny Syamsu adalah napiter yang tewas saat kerusuhan di Rutan Cabang Salemba, Komplek Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada Selasa (8/5) lalu.

Jasadnya akhirnya dibawa ke rumah orang tuanya Yuliarti, 60, di Jalan Kempas 12, Desa Pandau Jaya, Kampar, Riau, pada Minggu (13/5) yang dikirim via udara melalui maskapai Lion Air.

Setibanya di kediaman orang tuanya, Beny langsung dibawa ke Mushola Al Ikhlas untuk disalatkan. Kemudian dibawa ke TPU Pandau, guna dikebumikan.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (ica/JPC)



Close Ads
Sempat Ditolak Warga, Jenazah Napiter Mako Brimob Dimakamkan di Riau