alexametrics

Harga Properti di Sekitar MRT Melonjak

13 April 2019, 21:05:10 WIB

JawaPos.com – Beroperasinya transportasi masal MRT (moda raya terpadu) di Jakarta mendatangkan keuntungan tersendiri bagi pemilik properti di sekitar stasiun. Jones Lang LaSalle Indonesia mencatat harga jual maupun sewa properti di sekitar stasiun MRT naik 20 persen setelah pengoperasian kendaraan masal tersebut.

Head of Retail Jones Lang LaSalle Indonesia Cecilia Santoso mengungkapkan, banyak toko ritel yang mulai beroperasi di stasiun atau di mal sekitar stasiun MRT. ”Kemarin banyak yang skeptis apakah MRT akan berjalan cepat, running-nya smooth, atau ada kendala. Setelah tes MRT, banyak ritel yang excited masuk ke sana meski sekarang secara ekonomi tertekan,” ujarnya kemarin (12/4).

Kenaikan harga terasa sejak kuartal pertama 2019. ”Kuartal sebelumnya masih flat, masih standar. Sekarang ini terlihat jelas, dengan adanya MRT, kenaikannya benar-benar signifikan,” jelasnya.

MRT Jakarta dorong harga properti. (Dok. JawaPos.com)

Head of Advisory Jones Lang LaSalle Indonesia Vivin Harsanto menyebutkan, harga sewa perkantoran di sekitar stasiun MRT pun naik 20-30 persen.

Sementara itu, Intiland fokus mengembangkan proyek-proyek di kawasan TOD (transit oriented development). Saat ini Intiland memiliki empat proyek pengembangan di kawasan TOD. Empat proyek tersebut adalah Fifty Seven Promenade yang berada di kawasan TOD Dukuh Atas; Intiland Tower di kawasan TOD Bendungan Hilir, kawasan South Quarter yang berjarak 500 meter dari Stasiun Fatmawati; dan proyek terbaru Poins Square di jantung kawasan TOD Lebak Bulus.

Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga mengatakan, pengembangan proyek terbaru Poins Square merupakan bagian dari strategi pengembangan proyek Intiland di tiga lokasi TOD. Proyek TOD itu ditopang dengan moda transportasi MRT. “Setelah hampir 20 tahun menunggu, akhirnya ada satu jenis moda transportasi yang reliable dari sisi waktu, keamanan, dan kenyamanan.”

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (vir/res/c10/c14/oki)


Close Ads