alexametrics

BUMN Kejar Target Laba Rp 214 Triliun

13 April 2019, 12:13:36 WIB

JawaPos.com – Laba Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mengalami peningkatan. Tercatat sejak 2014, total kenaikan laba perusahaan plat merah telah mencapai Rp 57 triliun.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Rini Soemarno. “Pada 2014, keuntungan seluruh BUMN baru mencapai Rp 143 triliun. Pada 2018 sudah di atas Rp 200 triliun,” kata Rini dalam acara HUT ke-21 BUMN ‘One Family, One Nation, One Vision To Excellence’ di Marina Convention Center, Kawasan Pantai Marina, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (13/4).

Rini tak menyebutkan dari mana keuntungan itu paling banyak berasal. Yang jelas, capaian ini berkat dorongan pemerintah yang menginstruksikan supaya ada transparansi dan profesionalitas pada pengelolaan BUMN.

Rini juga memberikan apresiasi kepada para manajemen dan karyawan yang sudah bekerja keras. Termasuk para karyawan dari golongan milenial yang mampu memberikan pemikiran segar. “Kami bisa berbangga. Ini menunjukkan jika BUMN bersinergi. 2019, kami harapkan bisa mencapai (laba) antara Rp 210 sampai Rp 214 triliun,” harapnya.

Sementara itu, acara di Marina dimeriahkan sederet artis. Seperti Janetta Janet dan grup musik Armada. Ada pula pencatatan rekor MURI. Yakni, transaksi terbanyak menggunakan Quick Response Code dan pembuatan replika Candi Borobudur berukuran jumbo dari nasi kuning.

Sejumlah perusahaan ikut meramaikan acara. Di antaranya Pertamina, PLN, dan Telkom. Kemudian PT Perkebunan Nusantara IX, Wijaya Karya, Perusahaan Gas Negara, dan lainnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Tunggul Kumoro