alexametrics

Ke Riau, Panglima dan Kapolri Tinjau Karhutla di Rupat

13 Maret 2019, 14:45:06 WIB

JawaPos.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tiba di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Rabu (13/3) sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka mengawali kunjungan kerjanya dengan berangkat ke Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, menggunakan helikopter.

Di pulau terluar Provinsi Riau itu, kedua jenderal ini akan meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kedua pria dengan 4 bintang di pundaknya itu, tiba di Bumi Lancang Kuning dengan menumpangi pesawat militer Boeing 737 TNI AU. 

Kedatangan kedua rombongan itu, disambut langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). Kemudian mereka beristirahat sekitar 15 menit di gedung VIP Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin sambil mendengarkan laporan singkat dari satuannya tentang kondisi Karhutla terkini di Riau.

Setelah itu, mereka berangkat ke lokasi menggunakan dua helikopter Super Puma TNI AU. Pulau Rupat memang menjadi lokasi terluas terjadinya Karhutla. 

“Mereka akan menuju ke Rupat menggunakan helikopter. Kemudian ke Ponpes Nurul Iman di Kampar, kemudian menuju UMRI, silahturahmi dengan MUI Riau dan silahturahmi dengan lintas agama,” kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sedikitnya 1.800 hektare di wilayah itu hangus terbakar. Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis, termasuk Pulau Rupat yang mencapai hampir 1.000 hektare. 

Sementara itu, kedatangan Panglima TNI ke Riau bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, ia juga datang dan meninjau Pulau Rupat, 24 Februari 2019 lalu. Setelah peninjauan, Panglima mengirim helikopter dan pesawat untuk membantu pengeboman air dan modifikasi cuaca. 

Selain itu, dia juga mengirim 100 prajurit TNI ke lokasi tersebut guna memaksimalkan pemadaman titik-titik api. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Virda Elisya

Copy Editor :

Ke Riau, Panglima dan Kapolri Tinjau Karhutla di Rupat