alexametrics

Asal Usul Pembawa Bahan Peledak di Mako Brimob Jogja Terungkap

Dikenal Sebagai Sosok yang Tertutup
13 Maret 2019, 14:35:27 WIB

JawaPos.com – Pria berinisial RM RDY, yang diamankan karena membawa bahan peledak di Mako Brimob Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) diketahui berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Selama 2 tahun terakhir yang bersangkutan tinggal di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIJ. Selama ini, RM memang dikenal sebagai sosok yang tertutup.

Tetangga dari RM RDY, Tukijo, 64, warga Dusun Bleber Lor, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, mengatakan, yang bersangkutan baru tinggal di rumah kakeknya di Dusun Bleber Lor baru sekitar 2 tahun terakhir. Sejak kakeknya menderita sakit.

“Di sini rumah kakeknya. Setelah kakeknya sakit, dia ke sini. Dia dari Cirebon, baru sekitar 2 tahun lalu ke sini,” katanya, saat ditemui di rumahnya, Rabu (13/3).

Asal Usul Pembawa Bahan Peledak di Mako Brimob Jogja Terungkap
Direktur Ditreskrimum Polda DIJ, Kombes Pol Hadi Utomo saat ditemui di kantornya, Selasa (12/3). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Selama tinggal di Sleman, RDY dikenal pribadi yang tertutup. Ia juga jarang bergaul dengan para tetangga di kampungnya. “Jarang berinteraksi dengan warga sekitar. Kalau pas lewat juga jarang menyapa,” katanya.

Selepas adanya peristiwa penangkapan itu, sempat datang puluhan polisi ke kampungnya. Petugas kepolisian juga melakukan penggeledahan di rumah yang bersangkutan. “Warga sempat kaget, biasanya juga adem ayem,” ucapnya.

Sebelumnya diketahui, seorang pria berinisial RM RDY ditangkap di Mako Brimob Baciro Kecamatan Gondokusuman, Kota Jogjakarta, pada Selasa (12/3) pagi. Pria yang diketahui berasal dari DIJ itu hendak menanyakan suatu tempat kepada petugas.

Setelah diperiksa di tas yang bersangkutan didapati ada 35 peluru atau bahan peledak. Ia kemudian digelandang ke Mapolda DIJ untuk dilakukan pemeriksaan.

Sementara, Kabid Humas Polda DIJ, AKBP Yuliyanto menambahkan, saat ini RM RDY masih dilakukan pemeriksaan di Mapolda DIJ. Pihaknya belum bisa menyampaikan lebih jauh terkait perkembangan kasus ini. “Yang bersangkutan masih diperiksa. Perkembangannya, nanti belum bisa disampaikan,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Close Ads
Asal Usul Pembawa Bahan Peledak di Mako Brimob Jogja Terungkap