alexametrics

Anak Wabup Maros Terancam Dipecat dari PNS

13 Maret 2018, 12:06:38 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros mengambil langkah tegas terhadap Arjab Ajib Mattotorang, anak Wakil Bupati (Wabup) Maros yang tertangkap karena kasus narkoba. Pegawai negeri sipil (PNS) di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Maros itu bahkan terancam dicopot dari jabatannya sebagai staf.

Hal itu ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Maros Agustam. Menurutnya, sanksi terhadap PNS terkait dengan pelanggaran yang dilakukan tergantung dari masa hukuman yang diputuskan pengadilan.

“PNS yang terkait tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, dijatuhi hukuman disiplin,” kata Agustam saat dikonfirmasi, Selasa (13/3).

Putusan tersebut jelas tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Dalam PP, Agustam merujuk pada pasal 247. Di situ disebutkan bahwa PNS dapat diberhentikan dengan hormat atau tidak diberhentikan karena dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang bersifat incraht lantaran melakukan tindak pidana dengan hukum pidana penjara paling singkat 2 tahun dan pidana yang dilakukan tidak berencana.

Tapi ketentuan tersebut bisa junto pasal 10 angka 2 PP 53/2010 tentang Disiplin PNS. “Yakni, mentaati segala peraturan perundang-undangan apabila berdampak negatif pada pemerintahan atau negara,” tegasnya.

Sementara apabila merujuk pada pasal sangkaan yang disangkakan pihak kepolisian, putra ketiga Wabup Maros itu disangkakan melanggar pasal 112 ayat 1 juncto Pasal 127, UU 35/2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya paling singkat 4 tahun penjara dan atau paling lama 12 tahun penjara.

Namun, Agustam tetap bersikukuh terkait putusan dari pengadilan apakah menetapkan tersangka betul-betul terbukti atau tidak. Apabila terbukti sebagaimana dengan sangkaan pasal yang diberikan, maka keputusan untuk memberhentikan yang bersangkutan kemungkinan akan ditempuh.

Sementara itu, Wabup Maros Harmil Mattotorang sama sekali belum memberikan afirmasi terkait ancaman pemecatan Arjab. Pesan singkat hingga telepon belum sama sekali direspons.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rul/JPC)


Close Ads
Anak Wabup Maros Terancam Dipecat dari PNS