alexametrics

11 Jasad yang Tenggelam Usai Ritual di Pantai Payangan Ditemukan

13 Februari 2022, 19:13:56 WIB

JawaPos.com–Tim SAR menemukan jasad 11 rombongan Kelompok Tunggal Jati Nusantara yang tenggelam di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur. Sebanyak 11 korban itu ditemukan meninggal dunia usia mengikuti ritual di pantai tersebut.

”Sebelas korban ditemukan di Pantai Payangan. Korban terakhir ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 11.40 WIB,” tutur Humas Basarnas Surabaya Tholib Mahameru, Minggu (13/2).

Dari 24 korban, 11 di antaranya meninggal dunia. Sementara 13 orang dinyatakan selamat.

Salah satu penumpang yang meninggal dunia masih berusia 13 tahun. Sementara usia 4 korban lainnya belum diketahui.

Sebelumnya, Rombongan Kelompok Tunggal Jati Nusantara melakukan ritual doa di Pantai Payangan Jember. Total ada 24 orang yang mengikuti kegiatan itu.

Mereka berasal dari berbagai kelompok. Kedatangan mereka dilakukan secara estafet. Dari Kecamatan Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung, dan Jenggawah. Salah satu kelompok datang menggunakan minibus Elf dengan Nopol DK 7526 VF berangkat menuju Pantai Payangan pada Sabtu (12/2) malam.

Kapolsek Ambulu AKP Ma’ruf menyebut, warga yang berada di sebelah utara Pantai Payangan Jember mengingatkan bahwa cuaca sedang buruk. Rombongan Kelompok Tunggal Jati Nusantara mengabaikan peringatan itu.

”Mereka tetap melakukan ritual di tepi pantai. Menurut saksi mata, tiba-tiba ada ombak besar menghantam lokasi ritual, sehingga semuanya terseret ombak laut selatan,” ujar Ma’ruf.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: