alexametrics

Soal Deklarasi Jokowi di Solo, Ganjar: Panggil Wae

13 Februari 2019, 15:05:42 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap memenuhi panggilan Bawaslu terkait acara deklarasi kepala daerah pemenangan Jokowi-Ma’ruf yang diinisiasinya, Sabtu (26/1) lalu di Hotel Alila, Solo. Politikus PDIP itu bahkan sempat mempertanyakan mengapa dirinya tak kunjung dimintai klarifikasi.

“Panggil wae. Malah kemarin tak telepon kok saya nggak dipanggil-panggil. Saya malah maunya kemarin,” katanya usai menghadiri rakor penanggulangan bencana se-Jateng di ruang rapat Setda Jateng, Komplek Gubernuran, Rabu (13/2).

“Kalau ada yang salah, ditunjukkan,” ujarnya sambil bergegas menuju lift.

Soal Deklarasi Jokowi di Solo, Ganjar: Panggil Wae
PILPRES 2019: Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya empat pimpinan daerahnya yang tidak diundang, yakni Kabupaten Sragen, Kendal, Kota Tegal dan Salatiga. (Istimewa)

Diberitakan sebelumnya, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat pemanggilan kepada Ganjar terkait permintaan klarifikasi soal acara deklarasi pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Solo. Menurut Sri, pada surat yang dikirimkan Selasa (12/2) kemarin itu, tercantum bahwa yang bersangkutan akan dimintai keterangan pada Senin, 18 Februari 2019.

Sri mengatakan, pemanggilan ini menindaklanjuti pelaporan dari tim Paslon Pilpres nomor 02 kepada Bawaslu Jateng. Di mana, di laporan itu menyebutkan adanya dugaan pelanggaran pada acara yang diikuti puluhan kepala dan wakil kepala daerah. “Dugaan pelanggaran adanya tindakan menguntungkan, izin cuti dan penggunaaan fasilitas pemerintah,” tambah Sri.

Dalam hal ini, lanjut Sri, pihaknya sendiri yang akan memintai keterangan ke Ganjar. Karena, laporan memang ditujukan atau masuk ke Bawaslu Jateng.

Sebelum Ganjar, beberapa kepala daerah yang turut menghadiri acara di Solo juga sudah dipanggil dan dimintai keterangan oleh Bawaslu masing-masing kabupaten/kota. Di antaranya, Wakil Wali Kota Semarang, Bupati dan Wakil Bupati Semarang, Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, dan masih banyak lagi.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Soal Deklarasi Jokowi di Solo, Ganjar: Panggil Wae