alexametrics

Respons Vonis Bebas Gembong Narkoba, Jaksa Siap Layangkan Kasasi ke MA

13 Februari 2019, 19:09:49 WIB

JawaPos.com- Kejaksaan Tinggi Sulselbar tak tinggal diam menyikapi vonis bebas terhadap gembong narkoba Syamsul Rijal alias Kijang. Saat ini mereka sedang menyusun berkas pengajuan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

“Jaksa sudah mengajukan upaya hukum. Kami kasasi!,” tegas Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sulselbar Narendra, Rabu (13/2).

Upaya kasasi ditempuh sebagai bentuk keberatan atas putusan bebas yang dijatuhkan hakim PN Makassar. Oleh pengadilan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) diberikan waktu 14 hari untuk merampungkan berkas kasasi.

Narendra mengaku akan mempercepat perampungan berkas kasasi sebelum diserahkan ke PN Makassar dan diteruskan ke MA. Soal sabu-sabu sebanyak 3,4 kilogram yang dijadikan sebagai alat bukti awal sesuai ungkap, Narendra menegaskan bahwa kasus itu sudah disidang lebih awal. Empat terdakwa lain sudah divonis oleh PN Kabupaten Pinrang.

“Yang sidang di sini terdakwa Kijang, tidak aada barang buktinya. Barang buktinya sudah disidang lebih awal di Pinrang. Terdakwa Kijang terkait karena saat itu dia jadi DPO,” jelas mantan saksi ahli kasus kopi sianida tersebut. 

Empat yang kini telah berstatus narapidana itu adalah Edy alias Wilo bin Abdul Rahman, 31; dan Abdul Rahman, 35. Serta dua oknum aparat kepolisian yang juga terlibat kasus narkoba yakni Supardi, 31; dan Edi Candra, 36. Keempatnya terlebih dulu divonis 16 tahun penjara di PN Pinrang.

Kijang tertangkap saat berupaya lari meninggalkan Indonesia. Dia dibekuk di perbatasan Malaysia tepatnya di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, 20 Mei 2018 lalu. Selasa (8/1), Kijang dinyatakan Vrijspraak atau bebas murni oleh Ketua Majelis Hakim Rika Mona Pandegirot.

Secara terpisah, Humas PN Makassar Bambang Nurcahyono mengatakan, pihaknya sejauh ini masih menuggu penyerahan berkas kasasi dari JPU.

“Setelah kami terima kasasi dari jaksa, nanti kami tunggu lagi memori kontra kasasi dari terdakwa atau kuasa hukum terdakwa. Kalau sudah masuk, langsung diteruskan ke MA,” kata Bambang.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan


Close Ads
Respons Vonis Bebas Gembong Narkoba, Jaksa Siap Layangkan Kasasi ke MA