alexametrics

Kepala Suku Besar Papua Ramai-Ramai Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

13 Februari 2019, 08:00:55 WIB

JawaPos.com – Dukungan kepada capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin terus mengalir dari berbagai element. Terbaru, lima kepala suku terbesar di Papua mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin di hadapan staf ahli wakil presiden, Muhammad Alwi Hamu pada Selasa (12/2).

Berdasarkan surat pernyataan sikap dukungan yang diserahkan ke Alwi Hamu, para tokoh adat Papua ini menilai kinerja Jokowi dan Jusuf Kalla sudah berhasil membangun Indonesia. Bahkan, mereka mampu menjalankan amanat rakyat dari 2014 hingga akhir masa jabatan mereka.

“Bahwa setelah mengamati dan mencermati secara objektif, kepemimpinan nasional dalam melaksanakan program kegiatan pembangunan di berbagai bidang sebagai amanat rakyat secara bertahap, dan berkesinambungan selama periode 2014-2024. Maka kami Badan Pengurus Forum Pembangunan Kebangsaan, bersama tokoh adat/kepala, tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat adat, masyarakat nusantara di Provinsi Papua menilai dan berpendapat bahwa kepemimpinan nasional di bawah Presiden Jokowi dan Wapres JK berhasil mensejahterakan masyarakat,” demikian surat pernyataan para kepala suku Papua, sebagaimana dikutip dari FAJAR (Jawa Pos Group).

Diketahui, lima kepala suku tersebut, yakni Kepala Suku Besar Meepago Nus Gobai, Kepala Suku Besar Anim Ha Robert Kambun, Kepala Suku Besar Saireri Budi Baldus Waromi, Sekretaris Suku Besar Lapago Malaikat A. Tabuni, dan Ketua FKP Papua Alfius Tabuni.

Selain lima kepala suku besar itu, 11 kepala suku lainnya juga memberikan dukungan penuh kepada Jokowi-Ma’ruf Amin, yakni Kepala Suku Yapen Kepulauan Philips Wona, Kepala Suku Ampimo Kepulauan Yapen Zam F. Ayomi, Kepala Suku Pegunungan Bintangt Metodi Taplo, Kepala Suku Lapago Lembah Baliem Papua Agus Hubi, Kepala Suku Lapago Mamberamo Tengah Kayus Tabuni, Kepala Suku Nduga Kimanus Telenggeng, Wakil Kepala Suku Besar Meepago Hubertus Mote, Tokoh Masyarakat Papua Andinus Tabuni, Tokoh Agama Papua pendeta Apner Wetipo, Tokoh Adat Wamena Adius Tabuni, dan Kepala Suku Lapago Agus Niklik Hubi.

Dalam deklarasi itu, para kepala suku juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada presiden dan wapres atas kinerja mereka yang dilakukan tanpa pamrih, demi kesejahteraan rakyat. “Kami mengucapkan terima kasih, penghargaan dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi dan Jusuf Kalla atas kerja keras tanpa pamrih untuk kesejahteran rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke selama periode 2014-2019,” ucapnya.

Bahkan, para kepala suku meminta agar Wapres JK tetap bersedia membantu Pemerintah (Presiden-red) baru hasil Pilpres 2019. Pasalnya, peranan dan kontribusi Wapres JK sangat dibutuhkan oleh bangsa saat ini dan ke depan.

“Kami mohon dan berharap kepada Wapres agar setelah purna tugas kiranya bersedia bekerja sama dengan Presiden/Wapres baru hasil Pemilu 2019. Peranan dan kontribusi pemikiran yang cerdas, cemerlang, obyektif, positif yang selama ini telah teruji dan nyata sangat dibutuhkan kepemimpinan nasional demi kelanjutan pembangunan bangsa dan Negara Republik Indonesia,” harap mereka.

Atas dasar itu, para kepala suku, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Papua secara menyeluruh sehati untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 nanti. “Dalam rangka Pilpres 2019-2024 pada 17 April mendatang, kami sehati, sepakat berjuang keras untuk memenangkan pasangan calon Jokowi-Ma’ruf Amin untuk terpilih sebagai presiden dan wapres,” tegas mereka.

Editor : Fadhil Al Birra

Copy Editor :

Kepala Suku Besar Papua Ramai-Ramai Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin