alexametrics

Dugaan Pelecehan Seksual, UGM Nyatakan Tak Ada Damai

13 Februari 2019, 15:40:36 WIB

JawaPos.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menegaskan kasus dugaan pelecehan seksual yang menimpa mahasiswanya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada 2017 silam telah selesai. Sedangkan untuk proses hukum yang sedang ditangani Polda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) bukan merupakan ranahnya.

Iva Ariani, Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM saat dikonfirmasi mengatakan, kasus itu telah selesai secara non litigasi. “Kasus di UGM sudah selesai, jadi ya sudah. (Selesai) non litigasi, tidak ada kata damai,” katanya, Rabu (13/2).

Proses hukum yang masih berjalan di Polda DIJ atas kasus ini, merupakan kewenangan dari kepolisian. Oleh karena itu, pihaknya enggan memberikan komentar lebih jauh mengenai hal itu. “Itu saya no comment,” katanya.

Lanjut Iva, mengenai progres dari mahasiswa yang terlibat terutama terkait rencana wisuda salah satu pihak pada Mei mendatang belum diketahuinya. Masih banyak hal yang perlu diselesaikan, semisal mandatory counselling. “Masih ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan,” ucapnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda DIJ, AKBP Yuliyanto proses hukumnya kasus ini dalam waktu dekat akan dilakukan gelar perkara secara terbuka. “Sampai sekarang masih belum (gelar perkara), kami masih sesuaikan jadwal yang akan dihadirkan,” katanya.

Gelar perkara secara terbuka ini akan dihadirkan mereka yang terlibat, yakni mahasiswa HS dan AN. Maupun juga ahli hukum pidana, dari beberapa universitas. Untuk menegaskan apakah dalam kasus ini memang terjadi pencabulan atau perkosaan seperti dalam laporan polisi.

Sebelumnya, pendamping atau kuasa hukum dari masing-masing mahasiswa yang terlibat juga ingin agar kasus hukum tetap dituntaskan. Kasus atas LP/764/XII/2018/SPKT tertanggal 9 Desember 2018 yang dilaporkan oleh Kepala Satuan Keamanan dan Keselamatan Kampus (SKKK) UGM, Arif Nurcahyo.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Dugaan Pelecehan Seksual, UGM Nyatakan Tak Ada Damai