alexametrics
TKW yang Tak Digaji Selama 12 Tahun

Diah Segera Pulang, Wakil Wali Kota Malang: Hari Ini Sudah Beli Tiket

13 Februari 2019, 17:32:10 WIB

JawaPos.com- Penantian panjang keluarga Diah Anggraeni segera berakhir. TKW yang bekerja di Amman, Jordania, Timur Tengah itu bakal segera pulang ke Malang. Informasi terkini, Diah sudah menggenggam tiket kepulangannya ke Tanah Air.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan, pihak keluarga didampingi oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Malang telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jordania, hari ini (13/2). “Sudah ada kepastian-kepastian semacam itu (kepulangan) yang disampaikan,” ujarnya usai berkunjung ke kediaman keluarga Diah.

“Hari ini sudah beli tiket. Nanti jadwal penerbangannya menyesuaikan dengan tiket yang didapat itu dan tidak lama lagi,” lanjutnya.

Dia mengungkapkan, jika Diah sudah pulang nanti, maka informasi yang akan dikorek bisa lebih detail. Terutama terkait Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang memberangkatkan Diah secara ilegal.

“Ada informasi yang lebih detail dari mbak Diah. Dia kan tahu lebih detail dulu ceritanya kayak gimana,” tambah Sofyan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan melakukan beberapa upaya antisipasi agar nasib yang dialami Diah tidak menimpa perempuan-perempuan lain yang ingin mengadu nasib ke luar negeri. Sofyan juga berharap agar fungsi pengawasan dan kontrol dari pemerintah terhadap warga yang bekerja di luar negeri bisa semakin baik ke depannya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang kebetulan juga ada rencana kerja di luar negeri, semakin detail dan mencermati dengan sungguh-sungguh (prosedur), supaya tidak terjadi lagi persoalan semacam itu,” paparnya.

Seperti diberitakan JawaPos.com sebelumnya, salah satu TKW asal Kota Malang yang bekerja di Amman, Jordania, Timur Tengah mendapat perlakuan tidak manusiawi dari majikannya. Selama 12 tahun Diah tidak mendapatkan gaji, bahkan dilarang untuk mandi. Majikannya hanya mengizinkan Diah mandi sebulan sekali. Setelah diselidiki, Diah berangkat ke Jordania sebagai TKW nonprosedural alias ilegal.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

Diah Segera Pulang, Wakil Wali Kota Malang: Hari Ini Sudah Beli Tiket