alexametrics

Asperindo Riau Sebut Kenaikan SMU Capai 330 Persen

13 Februari 2019, 17:51:41 WIB

JawaPos.com – Diberlakukannya tarif bagasi dan cargo, ditambah lagi naiknya harga tiket pesawat membuat masyarakat mengeluh. Termasuk Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Riau. 

Asperindo Riau menyebut, untuk kenaikan Surat Muatan Udara (SMU) sudah mencapai 330 persen. Angka ini, tentunya terbilang sangat tinggi dan mulai naik sejak Oktober 2018 lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Asperindo Riau, Yandri Sandi Lubis saat menggelar aksi damai penolakan kenaikan SMU di depan Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Rabu (13/2). “Aksi ini belum puncak. Ini aksi awal atas kebijakan airline menaikkan tarif sepihak. hingga per tanggal hari ini, kenaikan mencapai 330 persen,” ungkapnya.

Kenaikan tarif itu, tentunya menyulitkan dan sangat memberatkan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Aksi ini, meminta kepada airline untuk meninjau kembali kenaikan tarif tersebut demi keberlangsungan usaha UMKM,” harapnya.

Berbagai cara sudah dilakukan agar pihak maskapai bisa melakukan peninjauan kembali terhadap kenaikan tarif itu. Seperti melayangkan surat melalui DPP Asperindo, hingga melakukan pertemuan dengan pihak maskapai.

“Namun belum ada tanggapan berarti dari airline. Apakah penurunan tarif dan sebagainya. Memang ada beberapa kali pertemuan, namun tidak menghasilkan keputusan signifikan terhadap UMKM di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Atas kenaikan tarif secara sepihak ini, imbasnya berdampak kepada masyarakat umum, UMKM maupun bisnis online. “Mau tidak mau mereka harus membayar lebih lagi dari yang selama ini mereka bayarkan” kata Yandri.

Selain meminta agar pihak maskapai dapat meninjau kembali kenaikan tarif SMU, Asperindo Riau juga berharap agar maskapai dapat meninjau kenaikan harga tiket. 

“Kami sudah menyampaikan protes Kemenhub dan Kominfo, mungkin hanya menunggu prosesnya. Namun kami rasa prosesnya tidak harus berjalan dengan panjang dan bisa berjalan dengan cepat karena untuk masyarakat umum,” tandasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Virda Elisya

Asperindo Riau Sebut Kenaikan SMU Capai 330 Persen