alexametrics

Polda Amankan Distribusi Vaksin di Tiga Wilayah Jawa Timur

13 Januari 2021, 18:20:48 WIB

JawaPos.com–Pengamanan distribusi vaksin ke berbagai wilayah di Jawa Timur melibatkan Polda Jawa Timur.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Hartanto menyatakan, distribusi vaksin itu menindaklanjuti arahan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

”Kemarin Gubernur Jatim berkoordinasi dengan wali Kota Surabaya, bupati Gresik, dan Sidoarjo pada Selasa (12/1) untuk distribusi ke berbagai tempat,” tutur Hartanto pada Rabu (13/1).

Hartanto memaparkan, untuk Jawa Timur yang diutamakan adalah tiga wilayah Surabaya Raya. Yakni Kota Surabaya serta Kabupaten Gresik dan Sidoarjo.

”Alokasikan untuk Surabaya totalnya 33.420 vaksin. Yang didistribusikan gelombang pertama adalah 15 ribu. Sedangkan dari alokasi 8.117 vaksin untuk Sidoarjo, yang didistribusikan adalah 4 ribu, dan untuk Gresik, yang didistribusikan 3.000 dari total alokasi 5.805 vaksin,” terang Hartanto.

Jumlah distribusi tersebut didasarkan pada pertimbangan karena disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan cold storage masing-masing wilayah. Hartanto menambahkan, Kota Surabaya mampu menyimpan sesuai jumlah yang didistribusikan.

”Jumlah penyimpanan sesuai yang didistribusikan untuk hari ini (13/1). Sisanya, kalau cold storage untuk 3 kabupaten kota siap, kita akan distribusikan kembali,” ucap Hartanto.

Untuk pengamanan, lanjut Hartanto, Polrestabes Surabaya mengamankan ke Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, dibantu polres masing-masing. Armada yang digunakan sesuai standar dan kebutuhan vaksin Covid-19.

”Jadi bisa menjamin suhu 2–8 derajat. Suhu dari armada milik Indofarma ini sekarang antara 3–8 derajat. Masih memenuhi untuk menjaga kualitas vaksin,” kata Hartanto.

Ketika ditanya soal distribusi daerah lain, Hartanto menyebutkan, masih menunggu informasi kementerian kesehatan. Yang didistribusikan selanjutnya adalah daerah selain Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo sesuai alokasi.

”Tinggal menunggu kemampuan cold storage. Begitu sudah mampu, akan distribusi lagi. Pihak kepolisian sudah siap back up,” ujar Hartanto.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika


Close Ads