JawaPos Radar

Presiden Jokowi Direncanakan Bagi-bagi Buku di Sumbar

13/01/2018, 00:14 WIB | Editor: Budi Warsito
Presiden Jokowi Direncanakan Bagi-bagi Buku di Sumbar
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Dok Jawapos)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan datang ke Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Kabarnya, orang nomor satu di tanah air itu akan bagi-bagi buku ke rumah warga saat peresmian pengerjaan Kawasan Pendidikan Terpadu di Tarok City, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis mengatakan, sebelumnya pihaknya bersama Bupati Padang Pariaman Pariaman Ali Mukhni telah mengkoordinasikan peresmian pengerjaan Kawasan Pendidikan Terpadu di Tarok City. Koordinasi pun telah dilakukan higga kepada pihak Menristekdikti.

Namun, sampai hari ini masih menunggu kepastian tentang kehadiran Presiden yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta itu."Kami berharap beliau bersedia. Konsepnya disela-sela atau setelah peresmian kawasan pendidikan terpadu di Tarok City. Presiden membagi-bagikan langsung buku bacaan kepada masyarakat disekitar lokasi," kata Alwis, Jumat (12/1).

Menurut Alwis, agenda tersebut tidak terlepas dari program Pemprov Sumbar yang ingin menumbuhkan minat baca di tengah masyarakat dan khususnya generasi muda. Jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu hadir, direncanakan ia akan membagikan lima eksamplar buku yang telah disiapkan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Tapi kemungkinan Presiden akan datang saat puncak HPN tanggal 9 Februari 2018," katanya.

Memurut Alwis, program bagi buku ke rumah-rumah masyarakat telah berlangsung di Kabupaten dan Kota Solok. Namun, untuk menggemakan gerakan sumbar membaca alangkah baiknya diransang dengan kegiatan bagi buku oleh Presiden.

“Kami menilai jika di boomingkan akan lebih baik untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dan melanjutkan gerakan sumbar membaca kedepannya,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Selasa (22/8) 2017 lalu, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni berkunjung ke Kantor Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir. Dalam kesempatan itu, Ali Mukhni telah menyampaikan maksud itu.

Ada dua usulan kegiatan untuk Presiden di Padang Pariaman, pertama, peresmian Badan Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran di Tiram Ulakan. Kemudian, peletakan batu pertama Kawasan Pendidikan Terpadu di Tarok City.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up