JawaPos Radar

Jokowi Batal Resmikan MPP Batam

13/01/2018, 05:25 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
MPP Batam
MEMERIKSA: Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto (peci putih) ketika memeriksa salah satu stan layanan di MPP Kota Batam. (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam akan diresmikan pada Kamis (18/1) pekan depan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama, batal melakukan peresmian karena memiliki agenda lain.

"Kami memang awalnya menunggu Presiden. Tapi karena memang sudah lama juga. Biar kami tidak terbebani juga. Jadinya Presiden datang dalam agenda kunjungan kerja setelah MPP diresmikan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Batam Gustian Riau saat meninjau MPP di Gedung Sumatera Convention Centre, Batam Centre, Kota Batam, Jumat (12/1).

Meski batal diresmikan Presiden Jokowi. MPP akan menjadi sejarah baru bagi Batam. Pasalnya, MPP akan menjadi pusat pelayanan percontohan bagi daerah lain. Sejumlah pejabat dijadwalkan hadir dalam acara peresmian. Antara lain menteri, kapolri, serta gubernur dan bupati/wali kota di Sumatera.

MPP Batam
FOTO BERSAMA: Kepala DPM-PTSP Gustian Riau (baju hitam) berfoto bersama dengan Ketua DPRD Kota Batam, Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, dan PLT Direktur PTSP BP Batam Adi Soegiharto (baju kuning). (Bobi Bani/JawaPos.com)

Turut diundang pula 170 perwakilan dari kabupaten/kota yang ingin mempelajari MPP Kota Batam. "Kedatangan mereka untuk melihat bagaimana pusat pelayanan terpadu ini sebagai contoh untuk diterapkan di daerah mereka masing-masing" jelas Gustian.

MPP Batam adalah pusat pelayanan terlengkap di Indonesia saat ini. Meskipun belum 100 persen optimal. Dengan 416 pelayanan yang tersedia, MPP Batam jauh lebih lengkap dibandingkan pusat pelayanan di daerah lain.

"Kami terbanyak pelayanannya di Indonesia. Lebih banyak dibanding DKI, Surabaya dan Banyuwangi. Di DKI sendiri belum semua instansi pemerintah ada," terang Gustian.

Karena belum diresmikan, sosialisasi MPP Batam diakui memang belum maksimal. Akan tetapi masyarakat yang hadir memanfaatkan fasilitas pelayanan terpadu itu terus bertambah.

Hadirnya MPP tidak lepas dari koordinasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Batam dan Badan Pengusahaan BP Batam yang semakin padu. Upaya bersama terus dilakukan demi menyempurnakan pelayanan kepada masyarakat.

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengapresiasi apa yang telah dihadirkan untuk masyarakat Batam. Ia berharap perbaikan terus bisa dikerjakan agar masyarakat bisa semakin nyaman.

"Secara teknis sudah memadai dan nyaman. Semua juga telah terpenuhi. Kami mengapresiasi atas yang sudah dilakukan. Selalu dilakukan perbaikan. Harapan kami masyarakat bisa merasakan itu," tutur Nuryanto.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up