alexametrics

Wali Kota Malang Instruksikan Pembongkaran Bangunan Penyebab Banjir

12 Desember 2018, 18:55:53 WIB

JawaPos.com- Dua hari pasca banjir besar yang melanda, Wali Kota Malang Sutiaji melakukan tinjauan langsung ke beberapa lokasi terdampak, Rabu (12/12). Salah satunya, di SMP Negeri 18 Malang. Bangunan sekolah tersebut sempat terendam air setinggi 1 meter.

Pada kesempatan tersebut, Sutiaji menyampaikan keprihatinan kepada pihak sekolah karena mendapatkan musibah yang tidak terduga. Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang berusaha mengurai permasalahan tersebut.

“Titik banjir berdasarkan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), kurang lebih ada 25-26 titik lagi yang akan kami urai,” ujarnya.

Dinas PUPR juga telah diminta untuk mendata beberapa bangunan yang kemungkinan menjadi penyebab banjir. Pemkot tidak segan untuk mengambil langkah tegas. “Bangunan yang melanggar ya dibongkar ketika itu juga tidak punya IMB (ijin mendirikan bangunan),” sebutnya.

Pihaknya telah berkonsentrasi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Termasuk memberikan instruksi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Tapi tidak kami bayangkan, termasuk di sini dan di Ringin Asri (terkena dampak banjir). Jadi saya kira ada beberapa hal yang dikomunikasikan dan dikoordinasikan,” jelasnya.

Dia menyampaikan, memang ada beberapa permasalahan yang mengakibatkan terjadinya banjir.

“Tingkat kebersihan ya, kedua penyempitan aliran air, ini juga terjadi. Ketiga saya kira hujan yang lebat,” terangnya.

“Apalagi Malang ini kan hilir. Sudah hukum alam. Meskipun begitu kami tetap meminta DPUPR mencari penyebabnya,” lanjut Sutiaji.

Sutiaji juga telah menginstruksikan kepada Dinas PUPR agar mencari penyebab banjir yang terjadi selama ini.

“Tapi itu SOP kami, Tidak bisa saya publish,” tuturnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (fis/JPC)



Close Ads
Wali Kota Malang Instruksikan Pembongkaran Bangunan Penyebab Banjir