alexametrics

PSI Akan Pecat Kader dan Pengurus yang Ketahuan Poligami

12 Desember 2018, 14:43:55 WIB

JawaPos.com- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar festival11@surabaya di Jatim Expo, kemarin (11/12). Ketua Umum PSI Grace Natalie menyampaikan pidato politiknya di depan ratusan kader.

Grace menyampaikan pidato bertema isu kekerasan perempuan. Dia menyinggung banyaknya diskriminasi yang dialami perempuan di dunia politik hingga kehidupan sehari hari.

Mantan presenter salah satu stasiun televisi swasta itu juga menyinggung soal isu poligami. Dia menyatakan, perjuangan merevisi UU nomor 1 tahun 1974 tentang pernikahan yang memperbolehkan poligami. Dia juga memerintahkan seluruh kader agar tidak melakukan poligami.

“Tak akan ada kader, pengurus, dan anggota legislatif dari partai ini yang boleh mempraktikkan poligami. Kami tak ingin ada perempuan jadi korban,” kata Grace.

Menurutnya, banyak bentuk diskriminasi yang ditimbulkan akibat poligami. Mulai kekerasan fisik, perlakuan tidak adil, penelantaran dan lain-lain.

Poligami juga berdampak negatif kepada anak. Apalagi, jika saat ini negara mengatur poligami dalam undang-undang .

“Undang-undang itu yang bikin manusia. Jadi, kalau banyak mudaratnya, nggak haram kok kalau kemudian di-review kembali. Diubah, kalau memang banyak korbannya,” tambahnya.

Tak hanya larangan poligami terhadap para kader dan pengurus PSI, Grace juga menyatakan perjuangannya melawan poligami kepada kalangan pejabat publik. “Karena, di negara ini, pejabat publik masih menjadi panutan. Ya, dari situ lah (perjuangan melawan poligami),” tegasnya.

Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni mengatakan, PSI tidak akan memperjuangankan penghapusan poligami pada ranah agama. Meski dirinya tahu ada agama yang mengatur soal poligami.

“Banyak ulama yang mengajurkan bahwa keluarga yang sakinah itu keluarga yang monogami. Jadi, kami tidak masuk pada perdebatan itu (Poligami pada ranah agama),” ujar Raja Juli.

Untuk itu, dirinya menyatakan perjuangan menghapus poligami dimulai di lingkungan PSI sendiri. Raja Juli mengatakan, akan ada sanksi jika kader atau pengurus ketahuan berpoligami.

“Ya pasti akan dipecat. Sanksinya, pecat,” tegasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

PSI Akan Pecat Kader dan Pengurus yang Ketahuan Poligami