alexametrics

Ponpes Terkepung Banjir, 450 Santri Dievakuasi

12 Desember 2018, 18:35:20 WIB

JawaPos.com – Bencana banjir melanda wilayah Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Riau. Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum menjadi salah satu tempat terdampak. Bahkan 450 santri putra dan putri di ponpes tersebut harus dievakuasi. Sebab ketinggian airnya mencapai 90 sentimeter.

Humas Basarnas Pekanbaru Kukuh Widodo mengatakan, petugas melakukan evakuasi setelah mendapatkan informasi dari salah seorang guru di Ponpes Darul Ulum. Yaitu, Ustad Edi Masruri.

“Mereka terpaksa dievakuasi karena lokasi pesantren sudah tak memungkinkan untuk ditinggali. Sebab banjir yang menggenangi sudah setinggi 70 hingga 90 sentimeter,” jelas Kukuh, Rabu (12/12).

Banjir di Riau
Tim Basarnas Pekanbaru mengevakuasi penghuni Pondok Pesantren Darul Ulum, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Riau, Rabu (12/12). (Istimewa)

Para penghuni Ponpes Darul Ulum dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Lokasinya sejauh 700 meter di luar ponpes. “Evakuasi dilakukan sebanyak delapan tahap dengan menggunakan perahu karet,” sebut Kukuh.

Tim Basarnas tidak hanya mengevakuasi semua penghuni ponpes. Tetapi sekaligus mengangkut semua ketersedian logistik di dalam pesantren. Seperti beras, minyak dan lainnya.

Selanjutnya, mereka diungsikan ke beberapa tempat. Seperti di Jalan Harapan Raya, Jalan Arifin Ahmad dan cabang Ponpes Darul Ulum di Marpoyan Damai.

“Mereka sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman. Untuk saat ini, tim Basarnas melakukan patroli dan berupaya melakukan evakuasi di lokasi banjir lainnya,” pungkas Kukuh.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (ica/JPC)



Close Ads
Ponpes Terkepung Banjir, 450 Santri Dievakuasi