alexametrics

Kelanjutan Trans Papua Tunggu Rekomendasi Pangdam dan Kapolda

12 Desember 2018, 16:57:54 WIB

JawaPos.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan proyek Trans Papua terus jalan. Kendati demikian, perampungan proyek dengan total panjang 4.600 kilometer ini masih menunggu rekomendasi dari kepolisian dan TNI.

Kalau ada panglima (Pangdam) dan kapolda merekomendasi nanti saya jalankan,” ujarnya saat dijumpai selepas acara peresmian proyek KPBU SPAM Semarang Barat di PDAM Tirta Moedal, Kota Semarang, Rabu (12/12).

Basuki mengatakan, untuk melanjutkan proyek yang pelaksanaanya sempat terhenti ini butuh jaminan keamanan. Karena sebagaimana diketahui, pembangunan trans papua dihentikan sementara pasca insiden penyerangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Berujung tewasnya belasan pekerja proyek tersebut.

Basuki pun kembali menegaskan bahwa penyerangan tersebut bukan didasari oleh adanya penolakan terhadap proyek Trans Papua. Itu hanya mencakup kriteria keamanan saja.

“Biasanya kan lahan, topogragfi, geologi, cuaca. Di Papua ini ada kriteria keamanan. Tapi pembangunan tetap jalan terus, karena tidak ada yang menolak pembangunan. Kalau ada yang menolak, pasti ada something di belakangnya,” ujarnya lagi.

Untuk progresnya, kata Basuki, tinggal menyambungkan antar ruas saja. “Yang terjadi insinden kemarin 278 km di ruas V. Antara Wamena, Habema, Kenyam, Nduga, kemudian ke Mamugu. Semua sudah tersambung. Tinggal bikin jembatannya, 35 jembatan itu,” cetus Basuki.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kelanjutan Trans Papua Tunggu Rekomendasi Pangdam dan Kapolda