alexametrics

Yogyakarta Waspada, Seorang Pasien Suspect Difteri Masih Dirawat

12 Desember 2017, 19:05:53 WIB

JawaPos.com – Penyebaran penyakit difteri kian meluas. Selain Jakarta, Yogyakarta juga perlu mewaspadai penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini. Terlebih seorang anak laki-laki berumur 16 tahun dari Kabupaten Bantul, DIY telah diisolasi sejak Minggu (10/12) lalu karena mengalami gejala suspect difteri di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta.

Usap tenggorokan dan hidung dari pasien pun telah dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya untuk memastikan positif atau tidaknya.

“Sudah tiga hari ini diisolasi. Usap itu dikirim Senin (11/12) belum ada hasilnya. Nanti kami koordinasi dengan dinas kesehatan untuk itu,” kata Andaru Dahesih Dewi, Spesialis Patologi Konsultan Infeksi, RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, saat jumpa pers mengenai penyakit difteri, Selasa (12/12).

Anak berinisial S itu, sambungnya pada Minggu (10/12) lalu datang ke RSUP Dr Sardjito. Setelah diperiksa ia mengalami gejala yang sama dengan penderita difteri, yaitu keluhan sakit sewaktu menelan di tenggorokan dan ada selaput putihnya.

Dikatakan Andaru, perkembangannya sejauh ini mulai membaik. Pasien berinisial S tersebut, imbuhnya merupakan pasien kedua. Sebelumnya, pelajar di Kabupaten Sleman sempat dirawat dan sudah dipulangkan pada Senin (11/12) karena negatif difteri.

Ida Safitri, Sub Spesialis Penyakit Infeksi RSUP Dr Sardjito menambahkan, sesuai dengan panduan yang ada, pasien ketika memiliki gejala yang sama dinyatakan suspect. Anak laki-laki itu juga telah dicek mobilitasnya selama 2 minggu terakhir. Serta dari pihak keluarganya mengenai kebutuhan imunisasi.

“Imunisasinya lengkap dan 2 minggu terakhir tidak bepergian di daerah endemis difteri,” katanya.

Kemungkinan, lanjut dia, gejala itu karena penyakit lain. Namun demi menjaga kewaspadaannya pasien tetap diisolasi hingga sampai mengetahui kepastian kondisinya positif atau negatif. “Bisa jadi itu peradangan pada amandel, atau mungkin yang lainnya,” katanya.

Editor : admin

Reporter : (dho/JPC)



Close Ads
Yogyakarta Waspada, Seorang Pasien Suspect Difteri Masih Dirawat