alexametrics

Wagub Upayakan Jatim Sebagai Pintu Ekonomi ASEAN

12 November 2021, 20:31:43 WIB

JawaPos.com–Duta Besar Republik Ceko Jaroslav Doleček menemui Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kamis (11/11) malam. Doleček dan Emil membahas upaya Jatim untuk menjadi pintu gerbang perekonomian di Asia Tenggara.

Kepada Doleček, Emil mengaku sedang berupaya untuk menarik pelaku usaha di Asia Tenggara ke Jatim. Sehingga, perekonomian Jatim terus meningkat.

”Sebenarnya Jawa Timur ingin menjadi gerbang bagi pelaku usaha dunia untuk mengakses pangsa pasar Asia Tenggara atau ASEAN,” ungkap Emil.

Selama ini, lanjut Emil, Jatim dan Ceko memiliki hubungan perdagangan. Banyak industri pengolahan gula yang dilakukan di Ceko.

”Memang kita sudah punya hubungan dagang dengan Republik Ceko. Perusahaan mereka bergerak di bidang pengolahan gula, teknologi pertanian yang berbasis satelit dan kereta,” terang Emil.

Republik Ceko juga memiliki banyak industri militer. Kepada Doleček, Emil mengungkapkan rencana Jatim dalam membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Singhasari, Malang.

”Dengan KEK Singhasari ini, harapannya menjadi daya tarik bagi para investor termasuk dari Republik Ceko,” jelas Emil.

KEK Singhasari, disebutkan Emil, dibangun berdasar Perpres 80 Tahun 2019 tentang Kawasan Metropolis.

”Status KEK yang kemudian menjadi daya tarik bagi investor untuk masuk dan bisa mengakses pangsa pasar di ASEAN ini beliau juga ini tadi tertarik untuk mendalami,” jelas Emil.

Emil berharap, hubungan Jatim dengan Ceko terus menguat. Utamanya dari segi bisnis yang diklaim untuk mendongkrak perekonomian warga.

”Mudah-mudahan jejaring ini semakin kuat, kita juga menyampaikan kepada Pak Dubes ada peluang-peluang untuk peningkatan sektor infrastruktur dan konstruksi,” terang Emil.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: