JawaPos Radar

Tuntaskan Janji Kampanye, Anies Luncurkan Rumah DP 0 Rupiah

12/10/2018, 16:07 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Tuntaskan Janji Kampanye, Anies Luncurkan Rumah DP 0 Rupiah
Peluncuran Rumah DP 0 Rupiah Samawa di Pondok Kelapa, Jakarta Timur (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat menyatakan dalam janji kampanyenya akan membangun hunian DP 0 rupiah. Program ini diluncurkan hari ini, Jumat (12/10) di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Pengadaan hunian ini diberikan Pemprov DKI untuk membantu warga DKI Jakarta yang berpenghasilan rendah dan belum memiliki rumah sendiri serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

"Hari ini yang kita luncurkan adalah program DP nol rupiahnya di sebuah tempat yang insya Allah akan menjadi hunian awal bagi program DP 0 rupiah di Jakarta," tutur Anies di Klapa Village, Jakarta Timur, Jumat (12/10).

Tuntaskan Janji Kampanye, Anies Luncurkan Rumah DP 0 Rupiah
Infografis Rumah DP 0 Rupiah (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Program Hunian DP 0 rupiah ini diluncurkan dengan tagline Samawa atau Solusi Rumah Warga. Rumah yang diperuntukkan kepada warga Jakarta ini melakukan prinsip pembiayaan uang muka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sehingga warga yang berhak bisa mendapatkan hunian dengan langsung mencicil biaya bulanan.

"Hidup di Jakarta cukup tinggi salah satu komponen terbesarnya adalah biaya hunian atau rumah tinggal. Kita berharap, adanya program DP Rp 0 ini maka merangsang berbagai pihak ikut menyelesaikan masalah Perumahan Warga Jakarta dengan skema pembiayaan yang ringan," terangnya.

Rumah DP 0 Rupiah ini didukung oleh empat BUMD DKI Jakarta, yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo, dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, dan PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.

Untuk diketahui, pendaftaran resmi dimulai pada 1 November 2018 untuk tahap awal hunian Klapa Village terdapat di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Tahap selanjutnya hunian akan tersebar di lokasi lain di DKI Jakarta.

(ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up