JawaPos Radar

Ridwan Kamil Akui Kekeringan Akibat Kemarau Merata di Jabar

12/10/2018, 15:19 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Ridwan Kamil Akui Kekeringan Akibat Kemarau Merata di Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akui kekeringan terjadi merata di wilayahnya (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Musim kemarau panjang yang terjadi tahun ini, berdampak pada ketersediaan air di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jawa Barat. Semua wilayah dikatakan secara merata mengalami kekeringan atau krisis air.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat laporan wilayah Jawa Barat secara merata mengalami kekeringan. Perihal parah atau tidak, belum bisa dipastikan. Namun secara keseluruhan mengalami krisis air bersih.

"Belum ada laporan dari sisi parah atau tidak parah. Hampir semua laporan masuk ke saya, laporannya merata kekeringan," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Jumat (12/10).

Pasalnya, mantan Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil sebelumnya telah memantau beberapa bendungan di Jawa Barat lewat udara. Semua menyusut baik bendungan besar yakni Jatiluhur Purwakarta hingga sungai dan sawah-sawah turut mengering.

"Saya coba lihat dari udara waduk kering, sungai kering, sawah kering, sehingga tidak ada pilihan lain (program modifikasi cuaca). Kan prediksi hujan baru November itu pun kalau iya (terjadi) kan? Kalau meleset krisisnya keburu darurat. Jadi sebelum darurat saya ambil keputusan," tuturnya.

Rencana modifikasi cuaca tersebut akan dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jabar menggunakan teknologi. Diperkirakan akan ada hujan buatan di sekitar bantaran sungai yang sudah dimodifikasi sebanyak 20 kali per minggunya.

"Kami pakai teknologi, sebanyak 20 kali penerbangan dalam seminggu. Biayanya ada anggaran rutin dari BBWS dan Pemprov Jabar," ujarnya.

Menurutnya, ini tindakan darurat tetapi dengan membuat bendungan dan danau buatan, akan memastikan saat musim hujan air tidak lari atau mengalir ke laut karena bisa tertampung di bendungan atau danau buatan tersebut. Sehingga saat musim kemarau tiba, Jabar memiliki cadangan air.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up