JawaPos Radar

Suhu Dingin Masih Selimuti Batam

12/09/2018, 10:25 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Banjir di Batam
Hujan yang mengguyur Batam dalam beberapa hari belakangan menyebabkan penurunan suhu di titik terendah. (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hujan yang mengguyur wilayah Batam dalam beberapa hari terakhir telah berdampak pada suhu udara. Saat ini, suhu udara di Batam berada di angka 22 derajat celsius atau menjadi yang terendah dalam beberapa tahun terakhir.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geogisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Hang Nadim Batam Ibnu Susilo menjelaskan, suhu dingin diperkirakan masih berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Suhu rendah di Batam dikarenakan adanya daerah belokan angin (shearline) di dekat wilayah Kepulauan Riau.

Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan massa udara serta tingkat kelembaban tinggi. Sehingga mendukung pertumbuhan awan-awan konvektif penyebab hujan.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung, mengingat akhir tahun dan Januari merupakan bulan yang memiliki intensitas hujan tinggi di Batam," kata Ibnu ketika dihubungi, Rabu (12/9).

Ibnu menjelaskan, suhu udara normal di Batam berkisar antara 24 sampai 32 derajat celsius. Masyarakat Batam yang terbiasa dengan cuaca terik, memang cenderung mengalami masalah menghadapi penurunan suhu.

Namun demikian, BMKG memperkiraan kondisi suhu udara tidak akan lebih rendah dari 22 derajat. "Sampai saat ini 22 derajat celsius, masih menjadi yang terendah," terang Ibnu.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up