JawaPos Radar

RPTRA Ahok Masih Diresmikan di Era Anies

12/09/2018, 10:45 WIB | Editor: Erna Martiyanti
RPTRA Ahok Masih Diresmikan di Era Anies
RPTRA MH Thamrin di Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta Pusat diresmikan. (Reyn Gloria/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat telah menyelesaikan pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) MH Thamrin, di Jalan Kenari II, Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta Pusat yang telah direncanakan sejak 2017.

Untuk diketahui, RPTRA ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) dari Century Properties Group Indonesia. RPTRA akhirnya berhasil diresmikan hari ini, Rabu (12/9) dengan luas 900 meter persegi.

Walikota Jakarta Pusat, Bayu Megantara mengatakan RPTRA ini menjadi yang pertama di Kecamatan Senen. Sehingga, untuk kecamatan Senen belum ada pembanding, ke depan pihaknya berencana akan menambah 2 RPTRA lagi.

"Kita sudah punya 44 RPTRA, jadi hari ini yang ke 45. Ini satu-satunya yang dibangun di Kecamatan Senen, dan akan kita bangun 2 lagi. Ini yang terbaik karena tidak ada pembanding," jelas Bayu di RPTRA MH Thamrin di Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/9).

Pembangunan ini diketahui molor dari target yang harusnya selesai di awal 2018. Kepala Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Pusat , Erma Suryani menyatakan ada kendala di beberapa proses administrasi.

"Harusnya bisa mulai 2017 namun karena beberapa proses ya jadi baru bisa dibangun 2018. Hari ini RPTRA langsung bisa beroperasi, pengelolanya sudah kita rekrut dari 2017," imbuhnya.

Direktur Utama Century Properties Group Indonesia, Tan Kian menyatakan apresiasinya karena Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat mau bekerjasama dengan baik. Tan berharap ke depan perusahaanya dapat membangun RPTRA yang lain.

"Saya siap saja, tunggu arahan dari Pak Wali mana yang ingin dibantu. Kenapa daerah ini, ya karena diarahkan Pak Wali di sini jadi kami bangun dan lokasinya tepat," jelas Tan.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mencantumkan ruang publik terpadu dan ramah anak (RPTRA) dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2018-2022. Dia menggantinya dengan nama Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

Program RPTRA sendiri merupakan peninggalan dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada era sebelumnya. Saat itu ditargetkan setiap kelurahan memiliki satu RPTRA. Baik yang dibangun menggunakan APBD maupun dana CSR.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up