JawaPos Radar

MTQN 2018, Penantian Sumut 47 Tahun Dipertaruhkan Oktober Mendatang

12/09/2018, 21:35 WIB | Editor: Budi Warsito
MTQN 2018, Penantian Sumut 47 Tahun Dipertaruhkan Oktober Mendatang
Pemaparan panitia MTQN XXVII saat acara seminar informasi aktual Biro Humas dan Keprotokolan Provinsi Sumatera Utara di Hotel Grand Antares, Medan, Rabu (12/9). (Dok. Humas Pemprov Sumut)
Share this image

JawaPos.com - Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII 2018 akan diselenggarakan di Sumatera Utara (Sumut) Oktober mendatang. Berbagai persiapan sedang dikebut untuk event akbar itu. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut pun mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut, Sabrina menekankan, seluruh masyarakat adalah tuan rumah untuk MTQN. Hal tersebut disampaikan Sabrina, yang juga sebagai Ketua Umum Panitia MTQN XXVII saat acara seminar informasi aktual Biro Humas dan Keprotokolan Provinsi Sumatera Utara di Hotel Grand Antares, Medan, Rabu (12/9).

"Mari bersama-sama kita, masyarakat Sumatera Utara untuk memeriahkan dan menjadi tuan rumah yang baik, kawan-kawan media ini juga bagian masyarakat Sumatera Utara, jadi kawan-kawan media bantu meriahkan MTQN," katanya.

Keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kembali mengangkat marwah Sumut. Apalagi, event ini adalah penantian panjang sejak 47 tahun lalu.

"Karena kedatangan tamu kita, berdampak ekonomi, di situ kita juga bisa mengenalkan transportasi kita yang khas seperti becak," katanya.

Dia pun menjabarkan, kalau seluruh panitia sudah siap. Karena kabarnya, Presiden Joko Widodo yang akan membuka acara tersebut.

"Selain itu, Astaka atau arena utama MTQ telah selesai 100 persen. Kita juga telah menyiapkan undangan ke seluruh provinsi di seluruh Indonesia dan beberapa hal lain yang telah siap," ujarnya.

Infrastruktur atau sarana jalan menuju astaka di Jalan Pancing juga telah siap. Pedagang-pedagang yang berada di pinggir jalan juga telah ditertibkan oleh Pemko Medan.

"Meski begitu, pedagang-pedagang yang telah dipindahkan tetap diberi pengarahan, bahwa pemindahan mereka merupakan bagian dari dukungan mereka kepada acara MTQN. Selain itu, mereka juga diberikan tempat yang baru, kita juga prioritaskan masyarakat agar tetap punya penghidupan," katanya.

MTQ Nasional akan memperlombakan tujuh cabang dan 18 golongan yang akan diikuti utusan kafilah dari 34 provinsi se-Indonesia. Seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat khususnya Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang menyatakan siap mensukseskan acara ini.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up