JawaPos Radar

Kebakaran Padam, Hutan Lawu Terus Dipantau

12/09/2018, 10:37 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kebakaran Hutan Lawu
ILUSTRASI: Kebakaran kawasan hutan Lawu, Tawangmangu, Karanganyar semakin meluas, Senin (10/9). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran di Bukit Mongkrang, Tlogodlingo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), berhasil dipadamkan. Pemadaman melibatkan 150 relawan gabungan. Kini, pengawasan di kawasan tersebut terus dilakukan.

Asper/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KBKPH) Perum Perhutani Solo Edi Saryono mengungkapkan, api yang sempat membakar lebih dari 30 hektare hutan sudah berhasil dipadamkan pada Selasa (11/9) kemarin. Berdasarkan pengawasan, sudah tidak ditemukan adanya titik api.

"Titik api sudah padam semua. Pengawasan juga dilakukan malam hari untuk memastikan ada tidaknya titik api. Kalau malam kan kelihatan (kalau ada titik api). Tapi sudah tidak ditemukan titik api," urainya kepada JawaPos.com, Rabu (12/9).

Meski sudah dipastikan padam, Perhutani terus melakukan pemantauan di lokasi kebakaran. Ini untuk memastikan bahwa kawasan sudah benar-benar aman dan tidak lagi muncul titik api.

Ratusan relawan gabungan melakukan pemadaman kebakaran di hutan Lawu sejak Minggu (9/9) lalu. Sulitnya medan atau jalur menuju lokasi kebakaran membuat upaya pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual. Yakni, menggunakan ranting pohon yang disapukan pada api di lahan yang terbakar. Pasalnya, pemadaman menggunakan air sangat tidak memungkinkan.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up