JawaPos Radar

Imunisasi MR Rendah, Campak Rubela Ancam Anak-anak Aceh

12/09/2018, 08:19 WIB | Editor: Ilham Safutra
Imunisasi MR Rendah, Campak Rubela Ancam Anak-anak Aceh
Imunisasi MR di Aceh berjalan tidak mulus. Peserta yang mengikuti hanya 7 persen dari target yang diharapkan. Hal itu mengakibatkan anak-anak bumi serambi Makkah itu terancam kena rubela. (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Kesehatan jutaan anak di Aceh rentan terancam terkena campak rubela. Hal itu dipicu dengan program imunisasi measles-rubella (MR) yang tak berjalan mulus.

Berdasar data Dinas Kesehatan Aceh, hingga 5 September, cakupan anak imunisasi di Aceh kurang dari 7 persen dari target 1,5 juta anak Aceh. Atau baru sekitar 105 ribu saja yang sudah imunisasi.

"Angka 7 persen itu sangat mengkhawatirkan. Anak-anak di Aceh sekarang rentan dan terancam terkena virus campak rubela," kata Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aceh Dr dr Herlina Dimiati SpA(K) kepada Rakyat Aceh (Jawa Pos Group) Selasa (11/9).

Imunisasi MR Rendah, Campak Rubela Ancam Anak-anak Aceh
Imunisasi MR di Aceh berjalan tidak mulus. Peserta yang mengikuti hanya 7 persen dari target yang diharapkan. Hal itu mengakibatkan anak-anak bumi serambi Makkah itu terancam kena rubela. (M Ridwan/Jambi Ekspres/Jawa Pos Group)

Herlina menambahkan, program imunisasi MR seharusnya menjadi salah satu program pokok kesehatan. Dampak tak melaksanakannya sangat berbahaya. Bukan hanya bagi penderita, tapi menular dan dapat membahayakan nyawa orang lainnya.

"Seharusnya ada kebijakan dari pemerintah Aceh untuk kembali melaksanakan program (imunisasi, Red) tersebut," ujar Herlina.

Imunisasi MR memang tak lagi berjalan di Aceh. Berhentinya program itu menyusul imbauan penghentian imunisasi oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Dinas Kesehatan Aceh tidak memungkiri bahwa cakupan anak yang telah imunisasi MR di Aceh sangat rendah. Dinas kesehatan pun mendorong Plt gubernur Aceh agar program imunisasi tersebut dilanjutkan kembali.

"Setelah keluarnya petunjuk dari MUI yang memperbolehkan, kami berharap gubernur dapat mengeluarkan instruksi dilanjutkannya imunisasi MR," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh dr Abdul Fatah. 

(min/mai/JPG/c22/fim)

Alur Cerita Berita

Dua Anak di Samarinda Positif Rubela 12/09/2018, 08:19 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up