JawaPos Radar

Disebut Dapat Dispensasi Dukung Jokowi-Ma'ruf, Ini Respon Pakde Karwo

12/09/2018, 15:04 WIB | Editor: Dida Tenola
Disebut Dapat Dispensasi Dukung Jokowi-Ma'ruf, Ini Respon Pakde Karwo
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo (M. Mukid/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur dikabarkan mendapat dispensasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Dispensasi tersebut terkait dukungan kepala daerah terhadap pasangan Joko Widodo - KH. Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo enggan menanggapi rencana dispensasi tersebut. Soekarwo memastikan bahwa fokus utama dirinya yakni untuk meningkatkan perolehan kursi partainya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) nanti. "Saat ini saya fokus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas calon legislatif," katanya saat ditemui di kantor DPRD Jatim,Rabu, (12/9).

Meski partainya telah memutuskan berkoalisi dengan pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengaku sama sekali belum membahas Pilpres. Saat ini, dirinya terus menyusun berbagai strategi pemenangan Pileg untuk partai Demokrat. "Saat ini melaksanakan coach clinic. Memberi bekal untuk mendekati dan berkomunikasi dengan pemilih. Bagaimana yang yes harus diapakan, yang no diapakan dan lain sebagainya," lanjutnya.

Soal arah dukungan Pilpres, Pakde Karwo lebih memilih untuk menyerahkan sepenuhnya kepada para kader. Menurutnya, setiap kader memiliki pandangan politik yang tidak boleh dipaksakan.  "Tentang pilihan-pilihannya, itu tidak bisa standar disiplinnya. Hatinya orang kan tidak bisa didisiplin. Tetapi dalam rangka kegiatan struktural organisasi fokus kita memenangkan legisltaif," tutur Gubernur Jatim dua periode tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebutkan, ada beberapa DPD yang akan dipertimbangkan untuk diberik dispensasi jika ingin mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Salah satunya adalah Jawa Timur.

Dispensasi itu rencananya akan diberikan kepada daerah yang memang mayoritas masyarakat setempat mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Selain itu, pertimbangan lain adalah hasil Rakorda dimasing-masing daerah yang memang tidak menginginkan berkoalisi dengan Prabowo-Sandiaga Uno.

Jika merujuk pada hasil Rakorda DPD partai Demokrat Jatim beberapa waktu lalu, mayoritas pengurus mengeluarkan rekomendasi agar partai berkoalisi dengan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasil yang diambil melalui mekanisme voting itu sudah dilaporkan ke DPP.

 

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up