Anies Siap Kerjakan Tantangan Jokowi Bersihkan Sungai Ciliwung

12/09/2018, 14:20 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Presiden Jokowi bersama Wali Kota Seoul Park Won-soon menyusuri tepian Cheonggyecheon. (Instagram Presiden Jokwoi)
Share this image

JawaPos.com - Penataan sungai oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu menuai kontroversi. Terlebih ada keinginan Presiden Joko Widodo yang berharap Sungai Ciliwung dapat seindah Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Mendengar hal tersebut, Anies mengaku siap membereskan masalah di lingkungan di Sungai Ciliwung. "(Sungai Ciliwung) Kita harus bereskan," tutur Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Menurutnya, ada perubahan kondisi sungai yang signifikan dalam tiga tahun terakhir. Seperti data yang dia sampaikan, tiga tahun terakhir sungai di Jakarta mengalami pencemaran berat sekitar 61 persen.

"Sungai yang tercemar ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen. Sungai yang tercemar sedang turun dari 44 persen tahun 2014 menjadi 17 persen di tahun 2017," jelas Anies.

"Jadi yang tercemar sedang dan tercemar ringan itu turun, tercemar berat dari 32 persen menjadi 61 persen. Jadi, yang sedang dan ringan itu menjadi berat, bukan turun lalu hilang," imbuhnya.

Saat ini, Anies mengaku tengah mempersiapkan solusi untuk menyelesaikan masalah Sungai Ciliwung. Bahkan, dirinya tidak hanya ingin membuat sungai berestetika, indah. Tetapi dia mengatakan fokusnya harus membuat ekosistem sungai dapat kembali alamiah kembali.

"Jadi PR-nya itu membangun sungai, sehingga menjadi ekosistem yang alamiah lagi. Kalau alamiah lagi, dia pun bisa dihidupi satwa-satwa, itu adalah indikasi paling sederhana. Kalau satwa bisa berada di sungai, artinya sungai itu sehat, bersih. Nah, itulah yang disebut sebagai sungai yang alamiah, sungai-sungai natural. Kita akan dorong ke sana," terang Anies.

Sebelumnya diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan kaki bersama peserta Korea-Indonesia (KIND) Meet Up menuju Plaza Cheonggeyecheon. Jokowi dan Iriana bersama peserta jalan kaki melewati underpass integrasi stasiun kereta api bawah tanah dan pertokoan.

Di penghujung jalan sebelum menyusuri tepi sungai, Jokowi disambut Wali Kota Seoul Park Won Soon. Sambil berbincang dengan Park Won Soon, melihat kebersihan sungai di tengah kota tersebut, Jokowi berharap bisa menjadi inspirasi untuk Sungai Ciliwung di Jakarta.

"Sungai Cheonggyecheon ini sebuah inspirasi yang sangat bagus kalau sungai Ciliwung bisa bersih, dan itu bisa. Tahun 2003 sungainya juga sama seperti Ciliwung dan dengan waktu 2 tahun 3 bulan sangat bersih sekali seperti zaman dahulu kala. Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta," kata Jokowi kepada para jurnalis dikutip dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi