JawaPos Radar

Galang Dana untuk LBH Pers, AJI Palembang Lelang Lukisan

12/08/2018, 23:07 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Galang Dana untuk LBH Pers, AJI Palembang Lelang Lukisan
Lelang lukisan dalam kegiatan penggalangan dana untuk LBH Pers (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang melakukan penggalangan dana salah satunya melakukan pelelangan lukisan untuk membantu keungan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers. Saat ini, mengalami krisis keuangan dan membutuhkan dukungan banyak pihak.

Memasuki usia 15 tahun, kiprah LBH Pers di Palembang begitu terasa. Pada 2017, misalnya, LBH Pers mengadvokasi pekerja sebuah media di Pengadilan Industrial Kota Palembang.

Ketua Bidang Advokasi AJI Palembang, Tasmalinda mengatakan lukisan yang dilelang diantaranya tanaman purun. Dari hasil pelelangan tersebut serta adanya bantuan dan dukungan dari lembaga pers mahasiswa di Palembang, pihaknya berhasil mengumpulkan dana Rp 3.550.000 yang akan disalurkan ke LBH Pers.

"Kami harap dengan adanya upaya ini membuka mata semua pihak untuk membantu mempertahankan keberlangsungan LBH Pers," katanya saat ditemui, Minggu (12/8).

Ia mengaku selama ini LBH Pers sebagai lembaga yang mandiri sekaligus memberikan pendampingan secara gratis. Sehingga, seiring waktu berjalan pun mengalami krisis dan sangat membutuhkan biaya untuk kesekretariatan.

Meski mengalami krisis keuangan LBH Pers terus melakukan kerja mandatnya diantaranya 10 kasus korban kekerasan, 1 kasus kekerasan jurnalis, 1 judicial review, 1 HAKI terhadap karya jurnalistik, 5 kasus ketenagakerjaan jurnalis, dan 2 kasus ancaman pencemaran nama baik.

"Kami juga membuka donasi publik, sehingga bagi publik yang ingin membantu dapat melalui website www.kitabisa.com/PeduliLBHPers," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up