alexametrics

Cegah Bahaya Narkoba, Polres Ini Tes HIV Aids ke Para Tahanannya

12 Agustus 2017, 19:37:14 WIB

JawaPos.com – Narkoba memang berbahaya dan bisa menjangkiti siapa saja, tak terkecuali dengan para tahanan yang sedang menjalani hukuman pidana. Akibat mengkonsumsi barang haram tersebut, korban bisa tertular penyakit berbahaya seperti HIV Aids.

Untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut menjangkiti para tahanan sementara Polres Sukamara, Kalimantan Tengah, Polres Sukamara menjalani konseling dan tes HIV AIDS yang dilaksanakan oleh Mobile Conseling And Testing oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, yang bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Sukamara.

Adapun para tahanan tersebut terdiri dari dua orang perempuan dan empat laki-laki dengan kasus narkoba dua orang, kasus pencurian tiga orang dan kasus laka satu orang.

Cegah Bahaya Narkoba, Polres Ini Tes HIV Aids ke Para Tahanannya
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)

Kapolres Sukamara, AKBP Rade M Sinambela melalui Kasat Narkoba, AKP Agus Purwanto mengatakan, konseling dan tes HIV AIDS sangat penting bagi para tahanan. Ini dilakukan agar para penghuni hotel prodeo tersevut paham bahaya panyakit tersebut.

“Khususnya tahanan kasus narkoba, karena penyebaran penyakit HIV bisa melalui jarum suntik yang dipakai secara bergantian, karena itu pemahaman tentang penyakit ini harus dimiliki oleh para tanahan,” terangnya usai konseling dan tes HIV AIDS di Polres Sukamara, seperi dilansir Kalteng Pos (Jawa Pos Group)Jumat (11/8).

Dalam acara tersebut, tahanan akan memperoleh banyak informasi terutama tentang penyebab penularan, proses penularan penyakit yang disebabkan oleh virus itu.

“Tapi mereka juga diberi pengetahuan tentang cara pencegahan dan menanggulangi penyakit ini,” ucapnya.

Sedangkan dari hasil tes HIV AIDS terhadap enam orang tahanan masih belum bisa diketahui. “Hasilnya masih menunggu,” tukas Agus.

Editor : Kuswandi

Reporter : (wnd/JPC)


Close Ads
Cegah Bahaya Narkoba, Polres Ini Tes HIV Aids ke Para Tahanannya